Janji Allah Mengabulkan Doa Hamba-Nya

Menurutmu, bakalan dikabulkan gak sih, semua doa-doa kita?

Saya diajarkan bahwa Allah akan mengabulkan doa kita dengan tiga cara: dikabulkan seketika, ditunda, atau diganti dengan yang lebih baik.

Saya juga banyak membaca kisah ajaib tentang terkabulnya doa seseorang langsung dari orangnya atau orang yang kenal dengannya.

Salah satu cara usaha manusia agar Allah mengabulkan doa adalah dengan bersedekah. Percaya deh, it always works.

Jika Allah mencintai seorang hamba, maka ujian akan selalu dekat dengannya hingga si hamba mendekat kepada Sang Maha. Allah senang mendengar doa-doa (yang seringkali berupa rintihan dan suara lirih serak) dari seseorang yang dipilih-Nya.

Saya adalah bentuk doa-doa panjang Mama yang menanti kehadiran seorang anak selama 6 tahun pernikahan. Umar dan Salman adalah doa-doa panjang saya sejak zaman sekolah, bahwa nanti saya ingin memiliki anak lelaki.

Oh ya, jangan main-main dengan doa. Semua permintaanmu didengar Allah. Masalahnya, kita tidak tahu mana yang akan segera dikabulkan sesuai keinginan, mana yang ditunda bertahun lamanya, dan mana yang diganti dengan sesuatu lebih baik.

Pertama kali saya menyadari bahwa doa saya salah itu sekitar tahun 2005, saat Umar lahir. Ada semacam perasaan complicated  saat itu dan menangis ketika melihat wajah Umar persis eyang kakungnya ketika usianya 24 hari. Akhirnya saya berjanji untuk memperbaiki kalimat saat berdoa. Berlatih terus sampai menemukan bentuk kalimat yang lebih baik.

Time flies. Sekarang 2017. Mendekati akhir. Latihan merapal kalimat doa agar tidak menjadi sia-sia. Agar tidak menjadi wujud doa yang salah.

Akan selalu ada giliran kita mendapat pengabulan doa-doa dan harapan itu. Allah mengabulkan SEMUANYA, hanya saja mekanisme ya terserah Dia. Saya bilang SEMUANYA karena memang saya merasakannya sendiri.

Kalau dibalas langsung persis apa yang kita minta, wajar. Itu permintaan kita.

Kalau dibalas dengan cara diganti, juga wajar. Allah mau yang terbaik untuk kita.

Kalau dibalas dengan penundaan, nah ini seninya. Ini nikmatnya. Deg-degan ya? Misterius ya? Penasaran ya? Banget! Pada bagian inilah Allah sebenarnya mengajak hamba-Nya untuk semakin dekat. Terus berpikir aktif, terus belajar memperbaiki diri, dan terus memelihara rasa percaya serta pasrah hanya kepada Allah.

Jadi, doamu yang mana yang belum dikabulkan Allah?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.