Menikahlah Denganku 

#KepadaA

Apa kabarmu hari ini?

Oh, jika kamu bertanya mengapa aku menggunakan judul surat seperti itu, karena mendadak aku ingat lagu lawas yang mungkin pernah kamu dengar. Padahal dengerinnya gak sedang mikirin kamu.

Kemudian aku mendengarkan suara Anji, temanku. Kali ini, aku benar-benar ingat kamu.

Aku masih berpikir, kebanyakan lelaki mencari standar tinggi untuk calon istri. Terutama para ikhwan, dengan alasan al-ummu  madrasatul ‘ula ya? Pertama. Kemudian, cari yang cantik dan seksi. Tipe kutilang, kalau beruntung. Jika lelaki itu lulusan S2, minimal dapat istri juga sejajar deh pendidikannya. Ya, kan gak mau rugi.

Masalahnya, kriteria semacam ini tampak seperti HRD perusahaan zaman jebot, yang memasang standar kaku : lulusan universitas X, cum  laude, dan achievements segudang. Padahal mungkin, urusan problem solving dia nyaris nol.

Aku kembali patah hati. Karenamu. Untuk yang kesekian kalinya. Tetapi mengapa aku bertahan untuk mencintaimu? Padahal, you are not into me at all. Benarkah cinta sedemikian buta, sehingga aku sangat ngotot bertahan? Apa alasannya?

Apakah kamu salah satu bintang di langit, yang hanya mau bersanding dengan bintang juga, sehingga tak mau menoleh ke bawah untuk menyadari kehadiranku di bumi?

Atau kamu berpijak di bumi, tetapi selalu memandang ke langit, berharap tanpa lelah bisa memetik satu bintang sebagai penerang hidupmu, sementara aku yang ada di hadapanmu tak pernah kauanggap sama sekali?

Kemudian aku tersadar, kamu masih sebatas ingin memiliki seseorang sesuai bayanganmu, meski sebenarnya kebutuhanmu bukan orang itu. Sesekali, lepas semua atribut yang melekat pada syarat calon pendampingmu. Mendekatlah pada kenyataan.

Kemudian, menikahlah denganku.

.

.

.

Di sudut kafe, bersama espresso yang tak pernah protes jika aku masih mencintaimu.

Tinggalkan Balasan

