Suara-suara Di Kepala

Untuk : Kepala yang penuh fantasi.

Jarang banget, bahkan seingat saya, belum pernah selama tujuh hari berturut-turut bermimpi aneh, berat, dan lumayan ngeri. Tiga hari pertama, isinya kelam. Empat hari kedua, isinya membingungkan.

Saat kita tidur, terkadang kita bermimpi. Bagian otak mana yang aktif saat kita bermimpi?

The whole brain is active during dreams, from the brain stem to the cortex. Most dreams occur during REM (rapid eye movement) sleep. This is part of the sleep-wake cycle and is controlled by the reticular activating system whose circuits run from the brain stem through the thalamus to the cortex.

Saya tidak begitu paham bagian ini. Saya pun tak mau membahas secara ilmiah. Saya hanya sedang bingung, mengapa kepala saya bisa bermimpi aneh dan cukup menakutkan beberapa hari terakhir.

Seperti biasa, ada mimpi yang langsung lenyap begitu saya bangun, ada yang terbayang-bayang seharian, dan bahkan ada yang bisa saya ingat kembali setelah bertahun-tahun.

Mimpi tentang kematian dan kiamat itu salah satu yang “gak banget”. Saya tidak bisa rikues ingin mimpi apa. Semua terjadi begitu saja.

Misalnya mimpi begini. Ombak bergulung setinggi puluhan meter, menyapu pantai dan kota, menenggelamkan semua yang diterjangnya. Tetapi tidak termasuk aku, yang melihat dari langit. Iya, gak kurang absurd gimana, coba?

Tentang bangkai-bangkai manusia yang berjalan dengan bau anyir sangat tajam, seolah ingin memangsa. Iya, para zombie. Bagaimana kepalaku bisa bermimpi tentang mereka dengan suara-suara menyeramkan itu?

Saya tak mau melanjutkan ingatan tentang mimpi-mimpi aneh ini. Bisakah saya meminta kepadamu untuk berhenti mengirimkan mimpi tak jelas ini, duhai kepalaku?

Saya tidak tahu akan mimpi apa nanti malam. Semoga tak ada lagi suara mencekam yang membuatku tak nyaman.

Saya tak mau sekadar bermimpi. Saya ingin berkelana dalam mimpi indah.

Salam.

2 thoughts on “Suara-suara Di Kepala”

Tinggalkan Balasan

