Rendahnya Rasa Percaya Diri

Gak pede. Entah. Beberapa bulan terakhir, saya kerap terkena panic attack akibat beberapa agenda dan pertemuan yang sangat berbeda dengan keseharian saya yang urakan, tomboy, slenge’an, cuek, bagai butiran garam di lautan.

Saya gemetar. Saya tak merasa pantas untuk berubah demikian meski hati dan jiwa berontak gak karuan.

Perlahan, saya ikutan pakai pakaian yang selama ini tak pernah ada di lemari baju. Itu juga modal dikasih semua. Gak ada yang beli sendiri.

Rizal commented, “…but you look more gorgeous in the pic with the pose. :)” on one of my Instagram post.

Saya merasa semakin tiada. Saya belajar berubah. Saya belajar memperbaiki diri. Saya belajar memantaskan diri. Karena saya punya tujuan. Demi anak-anak. Atas nama iman yang lebih tipis dari lapisan kornea.

Jika saya berkata, “Am not impressing anyone.” Ini artinya memang saya tak mau dan tak niat memikat siapapun. Untuk alasan apapun. Bahkan sekarang saya suka pasang foto jelek, supaya orang gak selalu bilang saya cantik. Kapan saya cantik? Kameranya error kali ya?

Ketidakpedean itu masih berlanjut.

Tahu film “Missing You Already” yang dibintangi Drew Barrymore? Saya membayangkan punya pasangan seperti Kit. Tapi saya tahu, saya bahkan tak pantas berharap memiliki seorang Kit untuk saya dan anak-anak. Saya melihat Jess pada diri Fira, selalu ada di saat saya membutuhkan dia. Bahkan ketika saya tak pantas mendapat bantuannya. Akhirnya, saya melihat Milly pada diri saya sendiri.

Saya merasa hancur. Tubuh melemah, tingkat kepercayaan diri melorot sampai ke dasar, dan melakukan banyak hal konyol alih-alih mengenyahkan rasa bersalah. Nyatanya? Masih ada Vei dan Fira yang tahan menghadapi semua kegilaan saya.

Begitulah.

Tinggalkan Balasan

