A Place I Would Live But Have Never Visited

Banyak sekali tempat di dunia ini yang ingin saya kunjungi dan berakhir dengan menetap di sana.

Saya jelas bingung bila disuruh memilih dan menentukan di mana saya ingin tinggal. Kadang saya memikirkan Ubud, Bali. Sesekali saya membayangkan Pamukkale, Turki. Ingin juga saya ada di Santorini, Yunani. Atau makan malam syahdu di Venice, Italia. Menikmati dinginnya Hokkaido, Jepang. Atau mungkin Bukittinggi, Sumatra Barat.

Tunggu, itu liburan? Eh, saya mau menetap. Jadi, di mana?

Saya banyak maunya. Memang.

Kemudian saya bingung mau menulis apa lagi. Saya mau menetap di mana. Satu hal yang pasti, saya ingin berada di dekat anak-anak. They’re my home. Di mana mereka ada, di sanalah saya berada. Setidaknya saat ini, ketika mereka masih bertumbuh dan berkembang. Sebelum waktu menetapkan, mereka akan memiliki keluarga sendiri dan saya mengalah untuk kembali sendiri. (mulai deh mellow ).

Saya tidak pernah membayangkan tinggal di Bandung sebelumnya. Tetapi alam bawah sadar saya selalu menyebutkan kota kembang ini sejak kecil. Bertahun-tahun. Ketika akhirnya saya benar-benar memiliki KTP Bandung, saya mulai menyadari, rasanya saya harus menguatkan doa-doa yang sama untuk tujuan berikutnya.

Bali, Sumatra Barat, Italia, Jepang, Turki, …

Saya membaca sebuah kutipan di Instagram.

I’d rather have a passport full of stamps, than a house full of stuff.

Lumayan bikin hati gimana, gitu ya?

Jika akhirnya saya diharuskan menentukan satu saja dari sekian banyak pilihan itu, tampaknya saya harus menggelengkan kepala. Saya ingin berkelana. Menyusuri jalan, menghitung langkah, mengukur jarak, sambil menyebut nama-Nya dalam diam. Dialah yang akan menentukan, ke mana kaki ini menuju lagi.

Kamu ingin pulang ke mana, An?

Klasik : Ke pelukan yang mencintai saya tanpa syarat.

Tinggalkan Balasan

