Allah Membayar Saat Manusia Alpa

Allah sayang. Allah adil. Allah cinta. Manusia hanya perlu beribadah kepada-Nya. Allah tak meminta apapun kecuali hamba-Nya menyebut nama-Nya setiap saat. 

Kelebatan ingatan memenuhi pikiran. Berapa kali pekerjaan yang saya lakukan, tidak dibayar oleh klien. Sering. Bahkan, saat saya bekerja penuh di sebuah perusahaan, gaji saya tidak dibayar berbulan-bulan. 

Saya istighfar. Apakah ada kewajiban yang belum saya tunaikan? Maka saya mengingat, menuliskan, dan melunasi kewajiban. Entah janji atau utang. 

Allah membayar hak saya dengan cara-Nya yang terbaik untuk keluarga saya. Cukup dengan kesehatan anak-anak, bagi saya sudah kelegaan tersendiri. Anak-anak masih bisa makan setiap hari, saya bersyukur luar biasa. 

Allah seolah menepuk pundak saya dan berkata, “Kamu hanya perlu lebih mendekat kepada-Ku.” Saya pun merasa lebih tenang dan sabar. Allah tak akan menguji melebihi Batas kemampuan makhluk-Nya, bukan? 

Saya masih harus terus mencicil utang duniawi. Masih banyak. Sementara itu, diiringi istighfar setiap waktu, saya yakin pertolongan Allah amatlah dekat. 

Demikian, saya mencoba mengenal diri sendiri dengan lebih baik. ;)💟

Tinggalkan Balasan

