You Can Through It All, Dear. Just Move Forward.

Seorang teman menghubungi saya. Seperti biasa, saya menjadi penyimak yang baik sebelum berpendapat.

“Teteh, saya nggak bisa fokus. Saya mau nikah. Biaya kepake semua untuk acara.”

Saya tanya, “Gapapa, kok. Kamu nikmati dulu saat-saat menjadi pengantin. Fokus sama suami aja dulu lah.”

god-impossible

Kemudian, mengalirlah curhatnya. Bahwa dia masih membiayai tiga orang dengan jumlah rupiah tak sedikit yang harus dia keluarkan setiap hari. Dia bilang mau menangis setiap melihat kenyataan terhimpit di antara kebutuhan tiga orang itu. “Kalau makan, masih bisa diakalin, Teh. Tapi ongkos dan kebutuhan sekolah kan, nggak.”

Sudah berbulan-bulan dia berdiam diri dan tak bisa menyelesaikan beberapa tugasnya dengan sempurna. Saya sengaja tak menghubungi dia ketika tahu dia lama tak japri. Saya pikir pasti sedang ada sedikit masalah atau sedang membutuhkan “ruang” untuk bernapas.

Ternyata benar. Dia menghubungi saya untuk minta maaf. Padahal dia tak salah apapun. “Gak enak sama Teteh, aku lama ngilang. Maaf banget. Bukannya gak mau ngehubungin. Repot, Teh. Apa-apa diurus sendiri. Capek. Kadang mau nangis.”

Saya tercenung. Membaca baris-baris kalimatnya. Saya ingat, semua yang saya lalui berawal dari tahun 2003. Hingga segala mimpi buruk itu berakibat trauma mendalam dan butuh recovery hampir 2,5 tahun. Semua tantangan hidup, tekanan dari kiri kanan, hingga menjaga agar jiwa anak-anak bisa kembali tertawa bukanlah hal semudah mengunyah rawit kemudian terasa pedasnya.

Allah tak akan memberikan masalah tanpa solusi. Semua sudah sepaket. Allah pun tak akan mengirimkan ujian melebihi batas yang mampu dilalui makhluk-Nya.

Jemari saya mengetikkan hal yang saya bisikkan lirih. Kepada diri sendiri dan kepadanya. Juga kepada semua perempuan tangguh di luar sana…

You can through it all, dear.”

Tinggalkan Balasan

