Deklarasi #IndonesiaTangkalKolesterol Bersama Nutrive Benecol

Semangat pagi!

Apa yang ada dalam benak kalian jika mendengar kata “kolesterol”? Penyakit orang tua? Kebanyakan makan cepat saji? Apa lagi?

Apa makanan favorit kalian? Rendang paru? Opor ayam? Tongseng kambing? Ayam goreng tepung ala restoran cepat saji? Enak semua yaaaa… Banget! Jika ditanya apa camilan kesukaan yang biasa diembat saat tengah malam? Keripik kentang kemasan. Yes! Enak? Banget!šŸ™‚ Merasa bersalah? Hmmmm…. Sedikit. Setelah itu ya cuek saja.

Saya termasuk yang dulu seperti itu. Ngemil tengah malam dengan aneka kudapan dengan lemak trans yang tinggi, atau lemak jenuh dilengkapi monosodium glutamat (sekarang ganti istilah mononatrium glutamat, tapi ya sama saja). Saya merasa sehat. Saya pun rajin berolah raga. Saya santai saja.

Satu pertanyaan sederhana terlintas setiap kali rasa-bersalah-karena-makan-enak-tengah-malam itu muncul:

Makanan sehat itu makanan yang seperti apa?

Saya berpikir makanan sehat itu makanan seimbang. Tetapi ternyata seimbang saja tidak cukup. Kemudian, pikiran saya berubah total ketika memeriksa kadar kolesterol pada acara #IndonesiaTANGKALKolesterol di Harris Hotel & Convention, Jl. Peta, Bandung pada tanggal 29 Mei 2016 sejak pukul 08.30 WIB hingga 13.30 WIB.

bersiap dan senyum manis di pagi hari untuk cek kolesterol.
bersiap dan senyum manis di pagi hari untuk cek kolesterol.

Berikut ini adalah oleh-oleh ilmu dan pengalaman yang akhirnya membuat saya sadar bahwa sehat itu mahal, tetapi sakit jauh lebih mahal. Daaaannn…. Ternyata sehat itu enak!

Jadi begini…

Hubungan Stroke dan Serangan Jantung

Pada press release dari dr. Vito Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA disebutkan bahwa dua penyakit mematikan tertinggi di dunia adalah serangan jantung dan stroke. Untuk di Indonesia, kedua penyakit tersebut pun menduduki peringkat tertinggi berdasarkan Riset Kesehatan Dasar.

Stroke dan penyakit jantung terlihat berbeda tetapi ternyata saling terkait dan berdampak. Orang yang terkena serangan jantung berisiko tinggi terkena stroke. Sementara orang yang mengalami stroke berisiko juga untuk terkena serangan jantung. Satu hal yang harus diwaspadai adalah kematian akibat serangan jantung dan stroke bisa terjadi tanpa ada gejala sebelumnya.

Bagaimana cara mencegahnya? Kalau saya bilang ya gampang gampang susah. Namun dr. Vito mengatakan bahwa kita harus mencegah dari sumbernya atau faktor risiko pemicu utama yaitu diabetes, hipertensi, kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi. Sementara itu, orang dengan kadar kolesterol di atas ambang nilai normal berisiko menderita penyakit jantung dua kali lipat dibandingkan yang kadar kolesterolnya normal.

cek tekanan darah dan kadar kolesterol secara teratur. sekalian kadar gula juga.
cek tekanan darah dan kadar kolesterol secara teratur. sekalian kadar gula juga.

Jenis Kolesterol Standar normal (mg/dl)
Kolesterol Total LDL (Kolesterol jahat) 60 mg/dL

Jantung manusia berdetak sekitar 3 miliar kali tanpa henti. Sementara itu, serangan jantung terjadi setiap 2 detik di dunia. Keluhan sesak napas adalah ciri pertama serangan jantung. Kamu tahu gak, penyakit jantung koroner adalah penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah arteri jantung.

Ada pasien yang tidak mau minum obat hipertensi karena takut kena ginjalnya. Dokter Vito mengatakan bahwa tekanan darah tinggi itulah yang membuat sakit ginjal. Jika sudah didiagnosa sakit tekanan darah tinggi, minum obat sesuai petunjuk dan kontrol rutin, untuk mencegah ke arah sakit ginjal dan diabetes. Jika seseorang sudah dipakaikan ring pada pembuluh darah, sudah dipastikan ada penyakit jantung koroner.

Sumber Kolesterol

Kamu tahu apa yang disebut LDL atau kolesterol jahat? Gini, setiap sel dalam tubuh mengandung kolesterol. Bentuknya seperti lemak, manum tidak bercampur dengan darah yang merupakan air. Itu sebabnya kolesterol dibawa melalui aliran darah dengan lipoprotein yang disebut HDL dan LDL. Kolesterol diperoleh dari dua sumber, yaitu tubuh kita sendiri. Terutama organ hati. Kolesterol ini diproduksi secara alami dan menyumbang sekitar 75% dari kolesterol yang beredar dalam darah. Sisanya 25% berasal dari makanan, terutama daging, telur, dan produk susu penuh lemak. Makanan tinggi kolesterol paling tinggi adalah telur.

kiri: Nutrive Benecol Cereal Drink rasa Vanilla Veggie Mix. kanan: lemon tea dengan gula Diabetasol.
kiri: Nutrive Benecol Cereal Drink rasa Vanilla Veggie Mix. kanan: lemon tea dengan gula Diabetasol.

Pada acara utama yang diadakan di Convention Room 1, Ibu Dwi Novianti – Regional Promotion Jawa Barat membuka dengan sekilas mengingatkan kepada kita tentang kebiasaan makan yang sepertinya sudah sejak kecil dilakukan. Misalnya, kebiasaan makan tinggi lemak jenuh ganda, membuat lemak tidak terbakar sempurna. Sarapan, makan siang, dan makan malam penuh dengan lemak jenuh. Benar kan ya?

Zaman sekarang orang mudah tergoda untuk makan makanan enak dan disantap saat jelang tidur. Mengapa? Teman mengunggah makan malamnya membuat kita tetiba lapar meski baru saja makan. Malas keluar rumah, tinggal pesan lewat delivery order atau bahkan pakai aplikasi antar makanan.

Masakan Enak Sehat Untuk Kolesterol

Untuk itulah, seorang dokter bernama Penihedi P., MKM. (Gz) memberikan tiga menu yang bisa dibuat di rumah dengan kreasi bahan sehat dan mudah didapat. Selama live cooking smart show berlangsung, dr. Peni memberikan beberapa ilmu bermanfaat lho.

dr. Peni mengatakan bahwa kita semua tetap membutuhkan kolesterol dalam darah. Namun kadarnya harus diatur dan pilih kolesterol baik.

dr. Peni demo masak dan hasil masakan sehat rumahan. top!
dr. Peni demo masak dan hasil masakan sehat rumahan. top!

Kadar gula dalam nasi yang berasal dari beras putih sangatlah tinggi. Terkadang kita menyebutkan bila belum makan nasi artinya ya belum makan. Padahal mungkin pagi sarapan dengan bubur ayam atau roti atau lontong sayur. Kita tahu semua sarapan itu juga mengandung karbohidrat. Sumber karbohidrat utama tidak hanya nasi.

Saat belanja membeli minyak di pasar atau supermarket, perhatikan jenis minyak yang akan dipakai. Semua minyak yang berasal dari nabati semua memang rendah kolesterol. Yang membandingkan dengan lemak jenuh dan tidak jenuhnya itu yang menentukan kualitas minyak itu. Kalau memilih minyak pilih yang lemak tidak jenuhnya yang tinggi dan lemak jenuhnya rendah.

Berdasarkan penelitian, minyak tak jenuh tertinggi adalah zaitun, kemudian kedelai, jagung, canola.
Minyak kelapa atau sawit. Setelah 2-3 goreng, tingkat kejenuhan lemak sawit lebih cepat. Langsung dibuang ya, buibu! Jangan dipakai lagi. Bahaya lho!
Supaya minyak tidak banyak terekspos panas, masak di awal tambahkan sedikit air. Jangan lupa saat memasak, hindari pemanasan tinggi di atas 200 derajat Celsius.

Jika sarapan mau pakai ikan tuna, pakai jahe sedikit untuk menghilangkan amis. Sarapan dengan jagung, daging sapi, paprika, polong, tomat bisa menggugah selera karena pilihan warnanya.
Bawang putih / Bawang bombay / seledri bermanfaat menurunkan kolesterol dan hipertensi. Bisa ditambahkan dalam setiap kali memasak.

Kalau mau pakai sumber karbohidrat dari kentang, pilih yang di-mashed. Kalau makan kentang, jangan kupas kulitnya. Karena antioksidan terletak di kulitnya, begitu tip dari dr. Peni.

Mau mencoba membuat burger? Kamu bisa memodifikasi dengan polong atau kacang-kacangan. Misal mede. Kemudian sayur hijau misal bayam atau brokoli. Boleh ditambah jamur. Semua dicincang kasar. Tidak gunakan tepung atau telur. Kacang polong yang diblender bisa keluar zat tepungnya, jadi lebih sehat.

Makanan yang baik dan sehat adalah yang gizinya seimbang. Cara pengolahan yang benar adalah yang minim minyak.
Tepung terigu bisa diganti kelapa parut dan panggang sampai warnanya berubah. Pemanis alami pakai kurma atau peach dan 1 butir gula aren. Tambah kismis. Kacangnya pakai kenari / almond / cashew dipanggang dulu. Tambahkan pisang. Pengganti pisang bisa pakai singkong atau ubi. Bisa ditambah buah kelapa dan nanas.

Dokter Peni mengajak kita untuk menghidupkan kembali masakan rumah. Berusaha kreatif mencari bahan makanan yang sehat. Pikiran kita yang menentukan. Jika sudah berpikir makanan itu sehat dan bermanfaat, maka akan merasa enak menyantapnya.

Indonesia TANGKAL Kolesterol

Apa itu?
T = Teratur Periksa Kplesterol
A = Awasi Asupan dan Pola Makan
N = Nikmati Hidup Tanpa ROkok dan Minuman Beralkohol
G = Giat Berolahraga Gerakan B-FIT
K = Kendalikan Berat Badan dan Hindari Stres
A = Awasi Tekanan Darah Anda
L = Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x Sehari

para peserta deklarasi Indonesia TANGKAL Kolesterol tampak semangat menunjukkan Nutrive Benecol Smootie .
para peserta deklarasi Indonesia TANGKAL Kolesterol tampak semangat menunjukkan Nutrive Benecol Smootie .

Cara Enak Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kamu mengecek kadar kolesterol dan ternyata hasilnya tinggi? Kamu gak usah panik. Tenang saja. Siapkan sebotol Nutrive Benecol dengan empat rasa pilihan yaitu blackcurrant, strawberry, leci, dan jeruk. Dalam kemasan 100 ml per produk, banyak banget manfaatnya! Mau tahu?

empat rasa pilihan yang enak. apa pilihanmu?
empat rasa pilihan yang enak. apa pilihanmu?

Berdasarkan situs Kalbe Store, berikut adalah keunggulan Nutrive Benecol Smoothie:

  1. PSE-Plant Stanol Ester (1,7 gr/saji) : Untuk menurunkan kolesterol dengan aman dan menghindari risiko penyakit jantung koroner.

Cara Kerja : PSE mempunyai struktur seperti kolesterol, dalam saluran cerna akan berikatan dengan garam empedu dalam bentuk micelle sehingga menghambat penyerapan kolesterol dari makanan yang seharusnya diikat oleh garam empedu. Jadi kolesterol dalam darah dapat turun mencapai standar normal.

  1. Teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol total 7-10% setelah konsumsi 2 botol/hari rutin dalam 2-3 minggu. (sumber: Mensink et al. Atherosclerosis 160. 2002. 205-213, Haltikainen et al. BMC Cardiovascular Disorders. 2002, 2:14).
  2. No Added Sugar (Bebas gula) : Tidak meningkatkan berat badan secara berlebih dan aman untuk diabetes.

  3. Bebas kolesterol dan Aman karena berasal dari bahan alami tumbuhan (kulit pohon pinus atau kedelai).

Perlu diketahui :
Sudah mendapat status GRAS (Generally Recognized as Safe) dari USFDA (United Stated FDA).
Menjadi bagian dari pola hidup sehat di beberapa negara maju seperti di Amerika Serikat dan Eropa.
Mendapatkan award sebagai “1 of 10 greatest discoveries in the world of nutrition”.

  1. Cocok untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi maupun normal tetapi ingin melakukan pencegahan.

Catatan: Untuk Ibu Hamil-Menyusui dan Anak < 5 tahun, karena membutuhkan nutrisi yang berbedaĀ maka disarankan terlebih dahulu konsultasi ke Dokter.

keduanya sama enak. vanila yang manis dan cokelat dengan tambahan kopi. uwow!
keduanya sama enak. vanila yang manis dan cokelat dengan tambahan kopi. uwow!

Atau kamu mau coba varian lain? Suka banget makan sereal? Ganti dengan yang aman bagi kolesterol kamu nih!

Cara penyajian: 1 sachet + 150 ml Air hangat.
Anjuran : 2 sachet/hari sebagai minuman selingan sehat.
Varian rasa : Chocolate dan Vanilla Veggie Mix.
Kemasan : Sachet 5x35gr.

Nah, kamu bandingkan dengan obat kolesterol generik subsidi Pemerintah harganya 20rb satu tablet. Harga aslinya sekitar 70rb – 200rb. Sementara, kamu bisa menambahkan smoothies enak Nutrive Benecol ini dalam jadwal setelah makanmu setiap hari.

Jadi, kamu siap bergabung bersama #IndonesiaTANGKALkolesterol? Yuk!

PS: Ini termasuk rekor baru buatku, lho. Karena baru kali ini aku hadir dalam sebuah event dan gak sentuh kopi hitam sama sekali! Wow! Camilannya enak dan mengenyangkan semua. Nom nom!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s