Saya dan Transgender

Siapalah saya yang berhak menghakimi seseorang karena sebuah keputusan besar.

Menjadi seorang transgender alias mengganti jenis kelamin, bukanlah satu keputusan semalam. Seseorang melakukan hal itu pasti didasari pergulatan batin luar biasa.

Saya tak mampu menyelami isi perasaan dan pikiran seseorang yang mengubah arah hidupnya.

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari no. 5885).
Via: https://qurandansunnah.wordpress.com/2009/05/15/laki-laki-menyerupai-wanita-dan-wanita-menyerupai-laki-laki/

Saya menulis post ini karena membaca sebuah headline portal daring. Menjadi viral bagi beberapa onliners termasuk saya.

image

Maafkan saya. Tidak bermaksud menyinggung sesiapa, murni semua semata saya terusik. Bagi saya, dulu, sekarang, dan nanti, Dorce tetaplah seorang pria. Saya tak mau memanggil dia dengan sebutan ‘bunda’ apalagi ‘hajjah’. Meski segala ibadahnya murni urusan dia dan Allah. Saya tak pernah tahu alasannya yang sebenarnya. Cmiiw.

Saya mendapat sebuah pendapat dari seorang kawan lama di Facebook saat saya membagikan foto di atas.

image

Saya berharap jika saya salah. Sampai kapan pun, saya mendoakan semua orang seperti Dorce agar senantiasa dalam lindungan Allah.

Saat membaca berita komentar Dorce, saya teringat Sam Brodie. Kalian pasti tahu dia siapa.

image

Via: http://www.thesun.co.uk/sol/homepage/news/scottishnews/3758944/Reality-star-Sams-amazing-new-life.html

Foto ini mengungkapkan segalanya. Dulu Sam adalah pria, kemudian menjadi wanita dengan nama Samantha. Kini dia kembali menjadi pria dengan nama asal dan sudah memiliki anak bernama Kimmy. Dia pun menjadi mualaf. Kasih sayang Allah yang memilihnya.

Jika pun ada unsur medis di dalam keputusan penggantian jenis kelamin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Operasi transgender diperbolehkan dalam kodisi apabila seseorang diciptakan sejak awal sebagai laki-laki atau perempuan, namun organ kelaminnya belum nampak. Karena itu dibolehkan mengambil tindakan operasi untuk merangsang pertumbuhan alat kelamin tersebut, atau dengan memberikan obat-obatan atau hormon untuk mengembalikan asal penciptaannya.

Lengkapnya bisa dibaca di artikel transgender yah.

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari segala prasangka buruk yang bisa mengurangi nilai ibadah. Astaghfirullah al’adziim…

Salam.

Tinggalkan Balasan

