Demensia dan Kenangan Kita

Kamu pernah menonton film Still Alice(2014)? Tentang perempuan cerdas, dosen cantik, dan memiliki keluarga bahagia. Dia menderita dementia dan kehilangan semua ingatannya secara perlahan.

Tapi dia gak kehilangan keluarganya.

Bayangan mengerikan itu menghantuiku. Jujur, aku masih bisa mengatasi bipolarku, tapi aku yakin tak akan bisa melawan serangan halus demensia.

Dementia is a general term for a decline in mental ability severe enough to interfere with daily life. Memory loss is an example. Alzheimer’s is the most common type of dementia.
source : http://m.alz.org/what-is-dementia.asp

Kamu baca? Memory loss. Aku mungkin paranoid. Aku toh belum pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang benar. Tetapi aku sudah ketakutan. Mungkin juga aku overthinking . Tapi sepertinya aku cemas luar biasa. Siapa yang ada di dekatku jika ingatanku lenyap? Bagaimana aku bisa mengenali orang-orang yang kucintai?

Itu sebabnya aku menulis. Sejak kecil, ingatanku memang pendek. Akhir-akhir ini aku bahkan kesulitan mengingat jadwal kerja.

Aku tak peduli dilupakan semua orang. Tapi aku tak mau melupakan kamu dan mereka. Bagaimana caraku mengenang kalian? Benarkah aku akan kehilangan semuanya?

Suami Alice begitu perhatian pada proses mundurnya ingatan sang istri. Aku membayangkan siapa yang akan ada di saat terburukku?

Sayang sekali kamu tak akan ada di sampingku kelak. Kita bahkan tak satu kata untuk pernikahan. Tujuanmu menikah untuk bahagia. Tujuanku bukan itu. Maka jelas, ketika suatu saat aku sakit, kamu tak akan ada untukku.

Saat ini aku masih bisa mengingat kenangan kita. Suaramu. Tulisanmu. Dirimu.

Maafkan bila suatu saat nanti, aku bahkan tak bisa mengenalimu lagi. Bahkan mungkin aku tak ingat rasanya pernah mencintaimu dengan begitu hangatnya.

Semoga kamu menemukan bahagia yang kaucari selama ini.

(tulisan ke sembilanpuluhdua dari beberapa tulisan)

Tinggalkan Balasan

