Persiapan Akad Nikah Dan/Atau Resepsi Minimalis di Bandung

couple

Awalnya karena sering baca blog dari hasil penelusuran Google tentang mereka yang sedang mempersiapkan hari besarnya. Pernikahan yang diamini untuk sekali seumur hidup, tentunya harus berkesan, sakral, khidmat, sekaligus tak terlupakan.

Jika dana yang dimiliki unlimited, mungkin tak perlu pusing sepuluh kali keliling lapangan bola. Mau memilih venue seluas pantai selatan ya oke saja. Mengundang seribu hingga lima ribu orang pun tak masalah. Meski, kesyahduan perayaan pernikahan itu bagi saya pribadi tak perlu terlalu ingar bingar. Iya, bagi saya yang tipe cuek dan tak suka ribet.

Setelah diskusi dengan my lovely sista Fira sekaligus tanya sana sini, ditambah googling untuk hasil mendekati cakep memuaskan, di bawah ini adalah rekomendasi saya untuk kalian yang hanya membutuhkan printilan akad nikah saja atau pernikahan dengan tipe private party (maksimal 100-150 orang yang hadir, artinya hanya 50-75 undangan saja). Jadi, dengan dana maksimal 30 juta saja, kamu sudah bisa berbahagia tanpa dihantui kecemasan cicilan utang yang berat kok😉

Tanpa menggunakan WO, memang tampak akan sangat membuat stres dan senewen. Tapi saya pribadi yang cuek dan ingin terlibat penuh untuk segala sesuatunya, jasa WO bisa dilewatkan. Kecuali kamu tipe yang super sibuk dan nggak mau ribet, silakan pakai jasa WO pilihanmu.

Maaf, konsep ini tidak cocok untuk yang menyukai jenis pesta super meriah dengan banyak orang dan aksesoris. Karena saya tipe hening dan males rungsing (ribet), sehingga saya pun lebih suka mengumpulkan informasi yang minimalis.

Ada dua pilihan cara akad nikah: di KUA langsung dan ini artinya haratis. Pendaftaran nikah mulai tahun 2016 dilakukan secara daring hanya modal jemari tangan sambil selonjoran di teras juga bisa. Kalau akad nikah dilakukan di luar kantor KUA, ada biaya sebesar Rp600,000,- yang kamu bayar langsung ke kas negara. Kamu yang beragama Islam bisa merapat ke Simkah Kemenag untuk mengetahui lebih jelasnya. Kamu juga bisa mengecek ke situs Kemenag untuk alur nikah di KUA dengan jelas.

Hal seputar pendaftaran nikah itu lah yang bisa menekan biaya sekaligus menghapus gratifikasi atau administrasi siluman (tanpa bukti tanda terima) di kantor KUA.

Next. Venue di Bandung (karena saya tinggal di kotanya Kang Emil) yang menjadi pilihan saya untuk private party.

  1. Siete Cafe – Sumur Bandung –> Alasan saya adalah tempatnya yang nyaman, makanan lumayan enak, dan lokasi mudah dijangkau.
  2. Selaras Guest House – Cibeunying –> Tempat nyaman, kamar yang bisa sekaligus disewa untuk keluarga manten, plus kopinya endeeesss buat saya *lho!#
  3. Bumi Bandhawa – Komp. Unpad –> Aksesnya agak terpencil tapi bisa jadi pilihan karena hening, khusyuk, nyaman, dan bisa menyewa kamar bagi keluarga manten.
  4. Banana-Inn Hotel  – Setiabudhi –> Mereka punya konsep minimalis buat private wedding package, pas buat yang dananya terbatas.
  5. Three House – Hasanuddin –>Pilihan untuk konsep minimalis bisa coba ke sini. Paketnya juga termasuk mursida😉
  6. Rumah Kebon Cengkeh – Bojongkoneng Cikutra (ini referensi pertama dari teman saya) –> Lokasi penuh aneka flora ini menarik mata saya dari pertama kali googling. Kamu yang suka konsep taman, coba aja ke sini.
  7. Bumi Samami – Cigadung. –> Nggak jauh dari Bumi Bandhawa. Tempatnya nyaman dan cihuy. Meski mungkin agak panas jika acaranya diselenggarakan siang hari.

Segitu aja. Mungkin ada pilihan lain (Saya naksir Giggle Box dan Hummingbird juga soalnya) tapi cukuplah tujuh saja. Nanti saya perbarui kalau ada info terkini inshaa Allah😉

Printilan nikah yang tak akan menyedot dana besar adalah memanfaatkan teman / saudara yang menggeluti bisnis seputar lamaran / akad nikah / resepsi dengan tarif manusiawi *halah#

Berikut ini adalah para kenalan saya yang bisa kamu hubungi. Mereka mungkin tak terkenal, tetapi saya mengetahui kualitas kerja mereka sehingga bisa lah ya dijadikan pilihan. Mumpung harganya dari mereka masih mursida. Kalau sudah beken, yaaa…. *uhuk#

  1. Wedding bouquet –> kamu bisa hubungi IG @ZhaleenaProjects milik Tata Dwi Nurlita.
  2. Make Up Artist –> kebanyakan untuk yang berhijab, bisa cek IG @Jemaera
  3. Wedding cake –>
  4. Catering (jika termasuk paket venue, kamu bisa skip bagian ini, kecuali mau ambil dari luar atau untuk syukuran di rumah saja) –>
  5. Fotografi –> coba kamu hubungi IG @DediAkung untuk lebih lengkapnya. Hasil fotonya cakep deh.
  6. Pakaian pengantin (nggak usah bikin baru, sewa sajalah) –>
  7. Tumpeng (asli murah meriah untuk syukuran di rumah nih!) –> colek aja IG @BintangStania untuk infonya.
  8. Undangan (berhubung era digital, cetak kartu undangan bisa ditekan hanya untuk orang tua dan sahabat dekat. saya pribadi tetap memilih digital) –>
  9. MC –> Teman saya yang cantik, penyiar radio Lita FM bernama Tika Momoy. Kontak bisa hubungi IG @momoy_tika🙂
  10. Kue / penganan –> hubungi saja IG @browcibandung oleh Gita Irawati.

Kalau di daerah Jabodetabek bisa colek my friend IG @klappertaarton dengan Timmy Malachi untuk aneka cake endes yang gak bakalan bikin kamu nyesel.

Jika nomer 1-10 itu anggaplah seharga 1,5juta, maka pengeluaranmu 15 juta ditambah venue misalnya 10 juta. Biaya kurang lebih 25 juta. Malah saya pikir bisa jadi 20 juta saja.

Sebentar, ini belum saya kumpulkan datanya😀 tercecer di sana sini. Nanti saya tambahkan setelah semua info kontak sudah rapi dibereskan.

Kalau kamu ada rekanan atau referensi atau rekomendasi, boleh lho tulis di komen. Siapa tahu ada yang mencari juga😉

Semoga bermanfaat, pernikahan kalian langgeng dan berkah, sekaligus berbahagia🙂

2 thoughts on “Persiapan Akad Nikah Dan/Atau Resepsi Minimalis di Bandung”

  1. Makasih bgt mba blog nya sangat membantu sekali. Barangkali punya price list siete cafe mba untuk akad nikah atau wedding sederhana boleh saya minta infonya mba? Makasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s