Betapa Tidak Enaknya Terlambat

Setuju jika menunggu itu sangat mengganggu. Khawatir, gelisah, tak nyaman, dan merasa serba salah. Menunggu itu menjengkelkan. Waktu, tenaga, dan pikiran (plus ongkos) sia-sia. Harusnya bisa digunakan dengan hal lain yang lebih berguna.

Sebenarnya, di saat menunggu seseorang atau sesuatu, kita bisa saja menjadi produktif dengan membaca buku, mengaji, berzikir, membuat tulisan baru, atau justru menemukan resep masakan enak?

Terkadang, menunggu bisa membuahkan hikmah, meski diawali dengan perasaan kesal ke ubun-ubun. Beberapa kejadian yang kubaca atau kuketahui, dari menunggu itu ternyata ada baiknya juga. Misal, jadi bertemu teman lama. “Hei, apa kabar? Kok bisa ketemu di sini ya? Aku lagi nunggu Ibu nih.” “Eh, lagi bengong lu? Apa kabar? Kelihatannya udah sukses nih sekarang ya?” Atau ada kecelakaan di rute yang seharusnya dilalui lebih awal. “Jika aku tadi lewat sana… Gak kebayang! Alhamdulillah, emang disuruh nunggu suami lebih lama di sini.”

Tapi pernah gak sih, ngerasain paniknya orang yang ditunggu itu? Sama senewennya, sama geregetannya ingin segera tiba di lokasi. Pernah gak ya, ngebayangin pukul 08.30 sudah rapi hendak berangkat, tetiba mesin mobil rusak, atau tetangga ada yang meninggal, atau anak rewel minta sesuatu, atau bapak terjatuh di kamar mandi, atau taksi yang dipesan tak datang-datang. Bagaimana rasanya?

Pernah gak sih mencoba menempatkan diri di posisi orang yang terlambat?

Aku pernah menunggu. Aku juga pernah terlambat. Sama gak enaknya. Tetapi mencoba bersabar sampai di batas yang bisa ditolerir.

Seperti, aku terlambat mengenalmu. Terlambat pula menyadari perasaanku padamu. *sudah boleh galau?

Aku tak akan pernah terlambat mendoakanmu. Aku akan selalu menunggumu pulang.

Sekarang kamu sudah paham?

(tulisan ke tujuhpuluhtujuh dari beberapa tulisan)

Tinggalkan Balasan

