Pernahkah Perjuangan Terasa Manis?

Entah, mungkin ya mungkin juga tidak.

Aku belum pernah merasakan perjuangan yang terasa enak dilalui. Setidaknya, hingga menulis hal ini, aku belum menemukan jawabannya. Apakah iya dulu aku pernah merasakan hal asyik saat melalui proses berjuang. Untuk apapun.

Tetapi, hasil perjuangannya akan selalu terasa manis, meskipun harus berhadapan dengan kegetiran.  Satu hal yang akan dicatat: We can through it all! Itu.

Aku sering menggelengkan kepala tanda takut ketika berhadapan dengan kondisi berada ‘di sisi jurang’.  Lengah, ya jatuh. Aku hanya percaya bahwa kekuatan Allah akan menarikku mundur sejenak agar aku bisa berbalik arah, mencari jalan yang sudah ditentukan sebagai balasan dari apa yang kuperjuangkan.

Tak ada perjalanan tanpa hambatan. Jalan tol saja bisa macet. Jika menemui jalan buntu, itu bukan akhir dari cerita. Mungkin kita diminta beristirahat sejenak oleh Allah untuk mengumpulkan tenaga, menenangkan pikiran, dan mengembalikan segalanya kepada Dia semata.

Pernah, suatu ketika. Di pagi hari. Aku merasakan kelelahan batin yang sudah sampai di ujungnya. Hati tak nyaman, pikiran tak tenang, tubuh lemas, dengkul gemetaran. Lebay? Mungkin. Di titik terendah, aku menarik kekuatan alam untuk bersinergi agar permohonanku dapat melangit segera. Aku pasrah.

Kemudian, jika bisa difilmkan, adegan yang tergambar adalah: Satu sosok maha kuat, membungkuk kepadaku, menyodorkan tangannya untuk menggenggamku, memberikan senyum terhangat dan tatapan penuh cinta. Sosok itulah yang membuatku merasakan keajaiban terindah. He never leaves me alone. Allah dulu, Allah lagi, Allah terus.

Perjuangan apapun bagiku tak pernah mengalami proses yang menyenangkan. Tetapi hasilnya bisa membuatku menangis karena merasa dicintai… Oleh-Nya yang SELALU ADA untukku…

Tinggalkan Balasan

