Bersantai di #Bandung, Coba Pergi Ke Punclut

Bandung selalu menjadi tujuan asyik untuk berlibur. Bahkan ketika kamu hanya punya waktu kurang dari 12 jam, banyak lho yang nekat ke kota kembang ini demi menikmati suasananya. Entah ya, magnet cinta dari Bandung begitu kuat bagi wisatawan lokal atau mancanegara.

Di tengah kota atau pinggiran, semua memiliki daya pikat tersendiri. Dago? Alun-alun? Paris van Java? Kamu punya banyak pilihan di tengah kota. Bagaimana di pinggirannya? Di selatan ada Ciwidey dan di utara ada Punclut atau Lembang. Aku akan pilih Punclut.

Kenapa? Lokasi yang pas banget untuk menikmati kelap kelip lampu kota Bandung di malam hari ini memang tak boleh dilewatkan. Punclut yang merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleuit adalah salah satu kawasan yang terletak di sebelah utara Kota Bandung. Kawasan ini terletak 7 kilometer dari pusat kota Bandung. Kawasan Punclut berada pada koordinat 6°50,842’S 107°37,666’E. Kawasan ini merupakan dataran tinggi terdekat dari Kota Bandung. Kawasan Punclut memiliki luas lebih kurang 286 Ha dan menjadi paru-paru Kota Bandung dengan suhu rata-rata 15 derajat Celcius hingga 22 derajat Celcius. (sumber : Wikipedia)

sumber: sebandung
sumber: sebandung

Sebenarnya pada tahun 2004, Pemerintah Kota Bandung telah menetapkan Punclut sebagai kawasan paru-paru kota Bandung bahkan menjadi kawasan hutan lindung sesuai dengan Perda Kota Bandung Nomor 2 tahun 2004 tentang tata ruang kota Bandung. Namun di pada tahun 2005, terjadi pembangunan di daerah Punclut. Tentu saja hal ini mengundang kontroversi di tengah masyarakat karena pembangunan di Punclut merupakan tindakan yang melanggar undang-undang. Bahkan karena pembangunan-pembangunan ini, kawasan Punclut seringkali dianggap sebagai penyebab terjadinya banjir di aliran Sungai Cikapundung karena kerusakan kawasan ini yang sudah beralih menjadi kawasan komersil. (sumber: Wikipedia)

Di balik kontroversinya, Punclut tetap terus menjadi salah satu tujuan beristirahat, terutama di malam yang dingin dan berkabut tebal. Bersiap kehilangan sinyal ponselmu di sini.

Untuk mencapai Punclut, ada dua akses yang dapat ditempuh, yakni dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat, atau dari Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung. Melalui Jalan Ciumbuleuit jauh lebih mudah. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Jalan Cihampelas. Sekitar 4 kilometer ke arah utara, kamu sudah memasuki wilayah Punclut. Untuk menuju lokasi wisata, kamu dapat mengambil jalan menurun tepat di depan RS TNI AU dr Salamun.

Di sepanjang jalan menuju puncak tertinggi kawasan objek wisata keluarga itu, para pengunjung akan melihat panorama alam Bandung utara yang cukup indah. Memandang ke arah selatan, akan terlihat deretan Pegunungan Malabar, Patuha, dan Waringin. Gunung itu menjadi semacam benteng pelindung Bandung. (sumber: bandungtraveler)

Aku jarang ke Punclut. Jauh dari rumah. *alesan# Tapi sekalinya ke sana, ogah turun pulang. Hahahaha… Dinginnya itu lho, bikin enak tidur. Eh, jangan! Sayang pemandangannya. Banyak yang mengajak pasangannya atau keluarga ke sini. Daripada kamu tidur (atau ketiduran), mending ngopi deh. Atau coba makan nasi timbel dan lalapan yang khas, kamu bisa pilih warung mana tempatmu lesehan. Jangan makan mi rebus di sini. Kalo itu sih, kamu bisa di rumah aja. Jauh-jauh ke Punclut kok makan mi instan sih. Rugi.

sumber: bandungtourism
sumber: bandungtourism

Bandrek atau bajigur adalah minuman pilihan untuk hangatkan badan. Aku suka keduanya. Ada juga warung yang sediakan sekoteng, selain kopi dan teh sebagai sajian utama. Mau minum es di hawa dingin? Monggo😀

Tetap, jangan pernah nyampah di Bandung. Selalu cari tempat sampah terdekat ya. #GerakanPungutSampah dari dirimu sendiri.

Ayo, kita ke Punclut!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s