Definisi Galaktosa dalam Susu

Baru belajar lagi tentang ilmu susu. Sekarang menemukan istilah galaktosa. Hm, apanya fruktosa atau glukosa atau sukrosa ya?

Galaktosa adalah sebuah monosakarida atau gula sederhana, stereoisomer dengan glukosa, yang penting dalam makanan dan ditemukan berlimpah dalam makanan. Terutama dalam produk susu, galaktosa ditemukan ada bersama gula susu laktosa. Orang yang mengalami intoleran laktosa juga mungkin kekurangan galaktosa, namun dengan mudah dapat diperoleh dari makanan lain, termasuk banyak buah dan sayuran. Sebelum itu dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk energi, harus diubah menjadi glukosa oleh hati. Enzim yang diperlukan untuk konversi ini hilang pada bayi dengan penyakit metabolik langka disebut galaktosemia.

Laktosa juga sebuah bahan bangunan rantai karbohidrat yang terkait dengan glikoprotein dan glikolipid. Dalam tubuh manusia, glukosa diubah menjadi galaktosa untuk mengaktifkan kelenjar susu untuk mengeluarkan laktosa.

Galaktosa dibuat dengan mengambil zat alami yang ditemukan dalam hemiselulosa dan pengolahan senyawa dengan menggunakan proses hidrolisis.  Galaktosa menyediakan tingkat rasa yang sama seperti gula, tetapi membutuhkan produk jauh lebih sedikit untuk mencapai efek. Namun, galaktosa yang disintesis tidak tersedia secara luas untuk digunakan di rumah, mungkin karena zat tersebut tidak mudah larut dalam cairan. Sifat ini menghambat kemampuan untuk menggunakan gula alami ini dalam penyusunan banyak resep rumah umum. Sebaliknya, galaktosa lebih sering ditemukan pada sejumlah produk yang disiapkan secara komersial. Penggunaannya tidak terbatas pada makanan komersial yang dimaksudkan untuk menjadi manis, karena produk ini juga dapat digunakan untuk meredam rasa yang dibuat oleh bahan-bahan asam atau terlalu asam.

Karena galaktosa adalah zat alami, senyawa ini ditemukan di beberapa produk makanan dan juga dapat diproduksi dalam tubuh. Produk-produk susu cenderung menjadi sumber yang baik. Gula bit adalah salah satu contoh terbaik dari makanan yang mengandung senyawa tersebut. Banyak jenis permen juga memanfaatkan gula untuk memberikan rasa manis tanpa banyak aditif.

Galaktosa juga diproduksi secara alami dalam tubuh juga. Dalam hal menyusui, bagian dari proses alami yang membuat ini mungkin adalah konversi glukosa menjadi galaktosa. Konversi membantu untuk membantu dalam pengembangan laktosa dalam kelenjar susu, dan membantu dalam sekresi selama proses menyusui.

Galaktosemia adalah ketidakmampuan bawaan untuk memanfaatkan galaktosa, yang pada konsekuensi terakumulasi dalam darah. Jika tidak diobati, bayi yang terkena akan gagal untuk berkembang dan menunjukkan keterlambatan perkembangan.

Meskipun kaya nutrisi dan mudah untuk dicerna pencernaan, susu kambing mengandung konsentrasi galaktosa yang relatif tinggi. Kadar galaktosa yang ditemukan pada susu kambing relatif lebih besar ketimbang apa yang ditemukan pada susu sapi. Menurut themilkblog.blogspot.com, susu kambing mengandung 10% galaktosa lebih daripada yang ditemukan pada susu sapi.

sumber:

http://www.sridianti.com/pengertian-galaktosa.html
http://www.vemale.com/topik/penyakit-wanita/68860-kandungan-galaktosa-susu-kambing-dan-bahayanya.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s