Di Taman Makam Pahlawan Cikutra Ini Ada Seorang Aki Pejuang

Kita akan memulai perjalanan di Bandung dari sebuah tempat yang biasa disebut pekuburan oleh masyarakat. Namun resminya disebut ‘taman makam’. Mengapa? Entah. Pendapat pribadiku adalah, karena makam bukanlah tempat yang ‘indah’ untuk bermain. Namun, kita bisa menjadikannya tempat mengingat bahwa kematian itu dekat. Alasan lain adalah kita bisa membuat sebuah tempat nyaman bagi para pendahulu sebagai tanda terima kasih dan penghormatan. Taman seharusnya indah, nyaman, bersih, terawat, dan menjadi tempat terbaik untuk dikenang.

sumber: wikimapia
sumber: wikimapia

Taman Makam Pahlawan Cikutra adalah komplek permakaman bagi pejuang dan tentara di Kota Bandung. Permakaman ini berlokasi di Kelurahan Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung, di bagian timur laut kota. (dari Wikipedia)

Taman makam pahlawan ini dibangun pada tahun 1958. Di dalam komplek makam, tepatnya di bagian tengah atas, ada tiang bendera beserta sebuah tugu yang baru dibangun 2005 lalu. Di dalam taman itu berderet rapi makam pahlawan dengan nisan berwarna putih. Pohon-pohon pinus membagi makam menjadi dua bagian. Jalan dengan lebar kurang lebih sepuluh meter membelah dua bagian pemakaman.

Meski bebas dikunjungi oleh keluarga atau pun umum, tetapi tak bisa sembarangan masuk sebelum melakukan pendaftaran / mengisi daftar hadir dengan menyebutkan makam siapa yang akan diziarahi. Masukkan sumbangan seikhlasnya di kotak yang disediakan.

Lokasinya strategis, menurutku. Tak jauh dari Terminal Bus Cicaheum, Kantor Gubernur dan Gasibu, dan sedikit lagi ke Dago. Kamu bisa berfoto di depan gerbang bawah atau di tugu atas. Pemandangannya indah. Siang dan malam, banyak jajanan enak di sekitar sini. (Weh, ujung-ujungnya tetap kuliner jika berbicara tentang Bandung. Hahahaha…)

makam aki bakrie

Aku datang ke TMP Cikutra untuk berziarah kepada satu orang yang sangat kukagumi. Pria bermata teduh dan jenaka yang membuatku sangat suka dunia menulis. Aki (kakek dalam bahasa sunda) dimakamkan di sini. Lokasinya ada di sayap kiri jika dari gerbang utama. Saran, jika hendak berziarah, sebaiknya di pagi hari ketika matahari belum memberikan diskon lumayan banyak. Hehehe…

Aki adalah seorang wartawan yang merekam beberapa peristiwa penting di zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Beliau dikenal sebagai salah satu pewarta dari Koran Sipatahoenan🙂 Pernah ditangkap penjajah karena dicurigai dan dituduh sebagai mata-mata. Yanasib…😀 (Oh, aku masih suka tertawa, bukan meledek. Tetapi karena cara kisah ditangkapnya itu diceritakan dengan gaya kocak dan humor. Dibumbui kata-kata menegangkan yang seru juga)

Mengunjungi taman makam pahlawan, semoga membuatmu bisa menghargai jasa mereka yang membela dan berjuang untuk bangsa dan negara ini. Tanpa jasa bakti mereka, dapatkah lagu Indonesia Raya terdengar lantang di penjuru negeri?

Terakhir, tetap jangan lupa jaga kebersihan. Jaga Bandung agar tetap cantik. Bawa tote bag untuk membuang sisa plastik / bungkus kembang dan botol plastik ya. Kenapa? Karena di Bandung ada #GerakanPungutSampah untuk menjaga keindahan dan kebersihan kota Paris van Java🙂

4 thoughts on “Di Taman Makam Pahlawan Cikutra Ini Ada Seorang Aki Pejuang”

  1. Kayaknya seru yah nongkrong di Taman Makan Pahlawan.

    Tiap pulang selalu lewat situ dan terkadang malah menghindar karena macet dengan simpang siur kendaraan yang ngga mau sabar! Dan iya mungkin terlalu banyak yang berdagang jadi terkesan kumuh yah.

    Btw, kenapa backgroundnya harus hitam? Agak nusuk ke mata nih. hihi

    Suka

    1. hai hai Evaliana, nuhun sudah mampir😉
      iyaaa, emang enak lewat sana. malah gak terkesan seram ya? dan…kuliner gerobakannya enak-enak pisan euy.
      kenapa? karena saya suka warna hitam. hihihi… nanti dibuat smooth deh hitamnya😉

      Suka

    1. terima kasih sudah mampir🙂
      ah, maafkan jika sulit terbaca. padahal hurufnya sudah pakai warna putih. aku masih cari background hitam yang ramah mata dari gadget, tak hanya dari PC hehehe

      terima kasiiihh… ayo mampir ke Bandung😉

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s