Rasulullah dan Segala Kebaikan Susu Kambing

Hingga detik ini, aku belum menemukan susu kambing yang bisa diklaim murni tanpa campuran air dan/atau gula. Entah itu yang segar, cair kemasan, atau bubuk. Dominasi lapak persusuan nyaris dipegang oleh si sapi. Lantas, kapan si embe dapat kesempatan kembali menjadi yang terbaik? Klaim susu sapi itu berlebihan, ternyata. *kata gue.

Dalam Al Qur’an, Allah berfirman tentang kebaikan susu dalam bentuk umum. Susu binatang ternak. Tidak menyebut kambing atau sapi secara khusus.

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS. An Nahl : 66)

Ketika menafsirkan kata “al an’am” dalam ayat ini, Ibnu Katsir mengatakan: “seperti unta, sapi dan kambing”.

Menemukan artikel seputar susu kambing nih.

Pertama, dari Panjimas (originally from http://safuan.wordpress.com/, dengan sedikit disunting)

Diantara jenis minuman yang biasa diminum oleh Rasulullah adalah susu kambing segar, yakni langsung diminum sesudah diperah dari kambing seperti dalam kisah Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu pada masa remaja saat dia menggembalakan kambing milik Uqbah bin Mu’aith radhiyallahu ‘anhu.

Namun, berapa persen dari penduduk muslim di seluruh dunia ini (terlepas dari kemampuan ekonominya) yang punya kebiasaan minum susu kambing? Atau lebih spesifisik lagi: berapa persen dari seluruh kaum muslimin di dunia ini yang tahu akan manfaat susu kambing?

SUNNAH SUSU KAMBING DITINJAU DARI SISI ISLAM

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

“Maka makanlah yang halal lagi thoyyib (baik) dari rezeki yang telah diberikan oleh Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya menyembah”. (QS. An Nahl 16 : 114)

Kebanyakan umat Islam baru tiba pada tahap halal, belum sampai pada tahapan thoyyib (baik), padahal kita tidak bisa memisahkan pada tahap halal saja namun standar kebaikan juga perlu sebagaimana kedudukan sholat wajib dan mendirikan zakat yang diperintahkan oleh Allah bersama-sama dalam sebuah ayat (QS. Al Baqarah 2 : 83, QS. Al Maa-idah 5 : 12, QS. Maryam 19 : 55 dan QS. Al Anbiya 21 : 73) untuk menunjukkan pentingnya hal kedua yang tidak dapat dipisahkan dari yang pertama.

Maka semestinya pengetahuan makan dan minum yang thoyyib pun tidak bisa dipisahkan dari yang halal. Maka hendaknya kita tidak berpuas diri dengan mengetahui makan dan minuman yang halal saja, melainkan hendaknya kita menambah pengetahuan kita akan kebaikan makanan dan minuman halal, termasuk susu kambing.

Riwayat dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, “Aku bersama Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu kambing. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Jika minum susu maka ucapkanlah, ‘Allahumma baarik lanaa fiehi wa zidna minhu’ (Ya Allah berkahilah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami  lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu”. (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5957)

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam juga bersabda, “Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi susu”. (HR. Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih. Kisah di atas asalnya ada di Muwatha’ dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi nomor 3455)

SUNNAH SUSU KAMBING DITINJAU DARI SISI MEDIS DAN KEILMUAN

Penelitian medis yang dilakukan oleh Departement Fisiologis  Granada University telah mengungkapkan bahwa susu kambing mempunyai  banyak manfaat bagi kesehatan. Dua sifat yang dimiliki susu kambing adalah:

  1. Membantu mencegah anemia kekurangan zat besi
  2. Membantu mencegah penghilangan mineral pada tulang atau pelunakkan tulang (demineralisasi) osteporosis

Menurut peneliti pangan IPB yang sangat memperhatikan pengaruh pola makan terhadap kesehatan serta tumbuh kembang bayi dan balita serta orang tua dan proses timbul dan sembuhya penyakit, telah membuktikan bahwa SUSU KAMBING tidak mengandung bakteri enterosakazaki yang terbukti merupakan sebab dari banyak balita dan anak-anak medapatkan penyakit mencret dan diare.

Susu kambing juga terbukti tidak menyebabkan timbulnya kelebihan lendir seperti ditemukan pada susu jenis lain. Banyak gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi susu jenis lain pada anak anak seperti : kegemukan, asma, infeksi paru-paru, pilek alergi dan tuberkolosis.

KELEBIHAN SUSU KAMBING

Susu kambing telah banyak digunakan sebagai susu pengganti  ataupun bahan pembuatan makanan bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi. Alergi pada saluran pencernaan bayi dilaporkan dapat berangsur-angsur disembuhkan setelah minum susu kambing.

Dilaporkan juga bahwa sekitar 40% pasien yang alergi terhadap protein susu sapi memiliki toleransi yang baik terhadap susu kambing. Pasien tersebut kemungkinan besar sensitif terhadap lactoglubolin yang terkandung pada susu sapi. Diduga  protein susu (lactoglubolin) yang paling bertanggung jawab terhadap kejadian alergi protein susu.

Susu kedelai sering pula digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti susu pada bayi yang alergi terhadap susu sapi. Walaupun demikian, masih terdapat sekitar 20-50% dari bayi yang diteliti memperlihatkan gejala tidak toleran terhadap susu kedelai, oleh sebab itu susu kambing bubuk lebih direkomendasikan untuk bayi dan balita Anda.

Ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi/susu lainnya. Sebagai gambaran ukuran butiran lemak susu kambing, sapi, kerbau, dan domba berturut turut adalah 3,49mm, 4.55mm, 5.92 dan 3.30mm.

Dari hasil penelitian sekelompok anak yang diberi susu kambing memiliki bobot badan, mineralisasi kerangka, kepadatan tulang, vitamin A, plasma darah, kalsium, tiamin, riboflavin, niacin, dan konsentrasi hemogloninya serta kekerasan dan bobot pukulan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok anak yang diberi susu sapi. Disamping itu, susu kambing juga kaya kandungan mineral, kalsium, pottasium, magnesium, fosfor, klorin dan mangan.

=-=-=-

Dari Erry K

Susu Kambing Dalam Pandangan Islam
Oleh: Putut Pandu Purwoko

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam bukunya Ath-Thib An-Nabawi yang telah diterjemahkan oleh Abu Umar Basyier Al-Madani menjadi Metode Pengobatan Nabi (h.468-467) dikatakan : Susu Kambing mempunyai sifat yang lembut dan netral, bisa melemaskan otot perut, melembabkan tubuh yang kering, berguna juga mengobati luka tenggorokan, batuk kering dan pendarahan.

Susu secara umum adalah minuman berkhasiat untuk tubuh manusia, karena mengandung unsur gizi dan darah, karena manusia sudah terbiasa mengkonsumsi susu pada masa kanak-kanak, disamping itu juga cocok untuk kebutuhan fitrah secara alami. Namun, diantara jenis minuman yang biasa diminum oleh Rasulullah saw. adalah susu kambing segar, yakni langsung diminum sesudah diperah dari kambing. Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud pada masa remaja saat dia menggembalakan kambing milik Uqbah bin Mu’aith bahwa Rasulullah lebih menyukai minum susu kambing.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW suatu malam saat diberangkatkan untuk Isra beliau dihidangkan secawan susu dan secawan arak. Beliau memandang dua minuman itu, kemudian mengambil cawan yang berisi susu. Jibril berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan dirimu kepada fitrah, seandainya tadi engkau mengambil arak, umatmu pasti tersesat.”

Dalam QS An-Nahl 114, Allah SWT berfirman : “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepadanya saja menyembah”. Selanjutnya dalam QS Al-Mu’minun 21, Allah berfirman : ”Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faidah yang banyak untuk kamu, dan sebagian darinya kamu makan”.

Dalam kehidupan saat ini sering kita jumpai adanya konsumen susu yang alergi bila minum susu sapi sehingga dalam hal ini susu kambing dapat menjadi alternatif dari penggantian asupan susu yang memang dibutuhkan bagi kebutuhan gizi konsumennya. Hal ini sebetulnya seiring dengan riwayat-riwayat shahih tentang kehidupan Rasulullah dan para sahabat. Dimana tidak pernah dikisahkan bahwa rasul mengkonsumsi susu sapi, namun minuman Rasulullah yang pernah diriwayatkan adalah beliau minum susu kambing.

Dr. Indah Kristanti, dalam tulisannya “Sunah Rasulullah Meminum Susu Kambing” yang pernah dimuat dimuat di Al-hikmah.com. sebagai salah satu pemenang lomba karya tulis ilmiah menuliskan : “Pada umumnya konsumsi susu ternak dianjurkan karena potensinya sebagai sumber protein dan kalsium, dengan pola makan masyarakat yang umumnya sangat kurang konsumsi sayur segarnya, nyaris susu tak bisa digantikan dengan bahan makanan lainnya. Oleh karena itu, pada umumnya ahli pangan dan gizi sangat menganjurkan untuk minum susu setiap hari”.

Namun, seorang ahli pangan yang sangat memperhatikan pengaruh pola makan terhadap kesehatan dan proses timbul dan sembuhnya berbagai macam penyakit, Norman W. Walker telah membuktikan bahwa susu, kecuali susu kambing segar adalah makanan yang paling banyak menimbulkan lendir dalam tubuh manusia. Beliau juga mengamati bahwa susu yang paling cocok dikonsumsi untuk manusia (selain bayi yang belum lepas dari ASI) adalah susu kambing segar. Dinyatakan pula bahwa pemanasan diatas 48 derajat Celcius justru merusak nilai fisiologis susu kambing dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena merangsang timbulnya lendir yang berlebihan. Suatu hal yang sangat kontroversial bagi ahli gizi dan teknologi pengolahan pangan pada umumnya.

Diantara gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari mengkonsumsi susu sapi adalah kegemukan, Asma, infeksi paru-paru, pilek alergi, dan turbekulosis. Meskipun pada umumnya ahli gizi dan dokter berpendapat bahwa susu sapi dapat menjadi bahan makanan sumber berbagai macam antibodi untuk melawan penyakit.

Allah SWT telah berfirman bahwa susu adalah minuman yang disediakannya bagi manusia (QS. 16:66, 23:21), Allah juga menyebutkan bahwa minuman susu itu mudah ditelan oleh manusia. Dalam istilah ilmu gizi tentunya mudah ditelan ini maksudnya adalah mempunyai arti fisiologis yang baik. Tidak mungkin Allah menjerumuskan hamba-hambanya dengan menunjukkan sumber minuman yang justru menimbulkan berbagai macam penyakit.

=-=-=-=-=-=

Rangkuman dari berbagai sumber internet:

Sulit untuk menemukan adanya data statistik aktual tentang jumlah konsumsi susu kambing di seluruh dunia, apalagi di negara-negara yang penduduknya sebagian besar muslim karena pada umumnya data internasional tentang produksi, konsumsi dan kebutuhan susu ternak yang didokumentasikan dengan baik adalah untuk susu sapi. Bahkan tidak ada data dunia untuk jumlah populasi ternak ruminant kecil (kambing dan domba) yang dibedakan tujuan produknya (sebagai pemasok daging, serat wol, kulit ataukah susu).

Namun, dari data yang tersedia nampak bahwa produsen susu kambing yang paling produktif (dalam kg susu/ekor/tahun) di dunia adalah negara Eropa Barat dan Timur yang sebagian besar penduduknya non-muslim seperti misalnya Perancis (400), Rusia (125), Spanyol (121), Italia (115), dan Yunani (78). Sedangkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim seperti Aljazair (47), Irak (35), Sudan (31), Turki (30), Pakistan (17) dan Indonesia (15) produktifitas susu kambingnya sangat rendah. Juga dari muamalah penulis dengan sesama muslim, baik bangsa sendiri maupun bangsa asing yang tinggal di Jerman, dan dari pengamatan terhadap ketersediaan susu sapi dan susu kambing di pasar, toko maupun pusat-pusat perbelanjaan diduga kuat bahwa jawaban atas kedua pertanyaan di atas adalah: tidak banyak.

MUNGKIN Anda biasa mengonsumsi susu yang berasal dari sapi. Tapi tahukah Anda, bahwa susu kambing juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan Anda. Berikut ini ulasannya.

Susu kambing dihomogenkan secara alami, dan gelembung-gelembung lemak dalam susu ini dengan mudah memisahkan diri dan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Ini membuatnya mudah diserap oleh tubuh dan pencernaan dengan mudah. Orang dengan masalah usus bisa mengatasi penyakit radang usus dengan susu kambing. Sifat probiotik terkait dengan susu kambing mendorong pengembangan sistem pencernaan yang baik, demikian yang dilansir Magforwoman.

Manfaat susu kambing lainnya adalah memiliki 35 persen asam lemak lebih tinggi, bila dibandingkan dengan tujuh belas persen asam lemak dalam susu sapi. Nutrisi, susu kambing lebih sehat dan lebih baik dikonsumsi mentah bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Susu kambing juga membantu menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja dengan baik bagi mereka dengan masalah usus.

Asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaprat ditemukan dalam susu kambing.Susu kambing juga dipercaya sebagai salah satu bentuk pengobatan untuk bisul. Tidak adanya protein kompleks dalam susu kambing yang membuat Anda kurang alergi bila dibandingkan dengan susu sapi. Susu ini memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan memuaskan rasa lapar, bahkan baik untuk anak-anak.

Ribuan orang telah melaporkan bahwa susu sapi telah membuat mereka alergi dan rentan terhadap penyakit pernapasan. Susu kambing merupakan alternatif yang membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Lemak tinggi dalam susu sapi adalah alasan untuk penumpukan lendir dalam tubuh. Gelembung-gelembung lemak yang ada dalam susu kambing dapat menghindarkan Anda dari gangguan masalah usus.

=-=-=-=

MARI HIDUPKAN KEMBALI SUNAH RASULULLAH!👍✊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s