Makanan Khas Bangkalan Madura

Yes, Bangkalan is my father’s hometown. Jadi, berikut ini adalah makanan khas dari Kabupaten Bangkalan yang terletak di ujung paling barat Pulau Madura dengan berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Sampang di timur serta Selat Madura di selatan dan barat.

Di bawah ini, selain khas dari Bangkalan, ada juga yang memang tersedia hampir di seluruh sudut Pulau Madura.

1. Topak Ladhe Bangkalan

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal

Makanan ini biasanya disajikan saat hari besar seperti hari raya ketupat, makanan ini kuahnya dari bumbu kelapa parut dan rempah-rempah yang digiling dan lauknya dari daging sapi dengan potongan telur ayam. Disajikan dengan ketupat, ditambah sayur markisa atau kacang panjang yang direbus. Taburannya sedikit bawang goreng dan cabai.

2. Tajin Sobih Bangkalan

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Tajin sobih ini merupakan jajanan khas mirip dengan bubur, tapi spesial banget. Kita bisa menikmati beraneka ragam jenis bubur, ada yang merah-merah, ada yang coklat-coklat, dan ada yang putih-putih. Jajanan ini dinamakan Tajin Sobih karena yang jualan kebanyakan berasal dari Desa Sobih, di dekat Bangkalan.

3. Nasi Serpang Bangkalan

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Nasi serpang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Madura. Nasi Serpang ini adalah masakan paduan dari bahan paduan bahan dari daratan juga lautan. Dari ikan laut sampai dengan daging hewan daratan. Isinya nasi, pepes ikan tongkol, kerang dimasak sambal goreng, soun bumbu kecap, telor asin masir, Sambal terasi, Krupuk rambak bumbu rujak, Dendeng daging sapi Madura, Kripik paru dan Rempeyek ikan teri dan kacang.

4. Sate Madura

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Sate ini biasanya terbuat dari sapi. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Sate bumbu sendiri, sepintas tidak jauh berbeda dengan sate-sate lain yang biasanya ada di daerah lain. Sate ayam dan yang lain langsung dipanggang atau hanya dibumbuin kecap untuk sate bumbu. Sebelum dibakar, daging sapi dilumuri atau diolesi oleh bumbu yang terbuat dari rempah dan palawija khusus.

5. Kaldu Kokot

5 Makanan Khas Bangkalan Yang Terkenal
Makanan khas ini merupakan makanan sejenis sop dengan bahan utama kacang hijau yang di masak dengan direbus di tambahkan berbagai macam bumbu rempah-rempah khas jawa seperti bawang merah, bawang putih, jahe, pala, dan daun bawang. Makanan ini kuahnya agak kental dengan tambahan potongan kikil kaki sapi, yang suka tulang juga ada yang menyajikannya dengan tulang kaki sapi, kemudian ditambah dengan bumbu dari ulegan kacang dan petis.

6. Nasi Jagung

Kuliner khas yang satu ini sudah sangat melekat pada masyarakat Madura. Bahkan mungkin banyak dari mereka yang berasal dari Madura masih sulit meninggalkan nasi jagung. Sebagai salah satu makanan pokok di Madura, nasi jagung tentu saja sangat populer. Nasi jagung yang dibuat di Madura tersebut rasanya sangat nikmat dan jauh lebih lembut.

Nasi jagung adalah campuran beras putih dan jagung yang sudah dihaluskan. Untuk nasi jagung biasanya ditemani dengan sayur sayuran segar atau kacang panjang. Selain itu nasi jagung juga bisa dimakan dengan sayur lodeh atau urap.

7. Nasi Krawu

nasi krawu

Nasi Krawu yang terkenal di Gresik ini mulanya adalah berasal dari Madura tapi karena di Madura kurang ada pasarnya, maka seorang yang bernama Munimah atau yang lebih dikenal Mbuk Mah mencobah berhijrah ke Gresik untuk menjajakan nasi krawu ini di daerah sekitar Gresik. Di Gresik Mbuk Mah mengembangkan usaha nasi krawunya sampai turun temurun ke anaknya yang bernama Hj.Sufayyah atau dikenal dengan panggilan Mbuk Su. Kemudian Mbuk Su juga menurunkan profesinya berjualan nasi krawu kepada kelima anaknya yang sampai sekarang masih berjualan di Surabaya. Krawu merupakan salah satu jenis dari serundeng (masakan dari parutan kelapa), jadi dinamakan nasi krawu mungkin karena dalam Sajian nasi tersebut ada pelengkap sejenis serundeng yang dinamakan krawu.

8. Soto Madura

Soto-Madura

Ada banyak ragam soto madura. Setiap daerah punya keunikan sendiri. Nah, berhubung almarhum dari Bangkalan, di sini aku tampilkan yang biasa kusantap. Selain menggunakan daging sapi dalam olahannya, kadang kala soto Bangkalan juga memakain daging ayam atau jeroan sapi untuk isiannya. Ini lho istimewanya. Jeroan! Hahahaha… Disajikan dengan taburan kentang goreng, soto Bangkalan ini di siram dengan kuah yang terdiri dari dua jenis, kuah bening dan kuah kuning. Kamu bisa memilih sesuai selera, atau bisa mencoba dua-duanya.

9. Rujak Buah Sumenep

rujak buah sumenep

Mampir dulu ke kota tetangga. Sekilas tidak ada perbedaan dengan rujak manis lainnya di Jawa, buah-buahannya terdiri dari pepaya, mangga muda, bengkuang, nanas, timun, dan kedondong. Namun perlu dicermati, ada beberapa hal yang berbeda. Petis yang digunakan asli petis Madura yang rasanya memang lebih lezat. Kemudian buah-buahan yang digunakan juga asli dari Madura (tidak ada yang import dari kota lain).

Namun tetap ada beberapa kelemahan dalam penjualan Rujak Madura ini, berikut diantaranya:

  • Hanya bisa menemukan Rujak Madura ini di alun-alun
  • Penjual hanya menggunakan gerobak kecil
  • Tidak ada pelestarian dari Pemerintah (Daerah) <— yang nulisnya di blog asli keknya lagi curcol

10. Kue Apen

apen-manis-sumenep

Persis serabi jawa nih. Sayangnya sudah mulai langka. Hanya ada di Sumenep, tepatnya di daerah Parsanga. Terdapat 15 penjual Apen berjajar dengan jarak kurang lebih 10-15 meter. Masyarakat di Sumenep mengatakan Apen seperti Serabi Jawa. Keahlian Apen sepertinya memang lahir secara turun temurun sehingga tidak sembarang orang bisa. Apen yang dibuat oleh orang biasa tidak sekenyal yang seharusnya. Itulah mengapa hanya ada 15 penjual Apen di Parsanga.

Padahal, makanan yang satu ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi jika diolah dengan variasi rasa berbeda. Misalnya Apen Manis rasa cokelat, Apen Manis rasa keju, atau Apen Manis rasa buah.


Sudah 10 kuliner Bangkalan dan Sumenep nih tersaji untuk kamu yang doyan makan. Rasanya aku lapar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s