Yang Menakjubkan, Yang Merusak ~ Ustadz Salim A. Fillah

1) Ada 2 hal yang sering membuat kita kagum; ucapan & penampilan. Dan bukan cuma pada kita Allah memperingatkan tuk hati-hati dalam takjub.

2) Bahkan RasuluLlahpun diwanti-wanti oleh Allah agar takjub itu tak meruyak; karena seringkali yang menakjubkan adalah justru yang merusak.

3) Tentang ucap yang mengagumkan; Allah menyatakan; “Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menakjubkanmu..

4) ..dan dipersaksikannya kepada Allah atas kebenaran isi hatinya, padahal dia adalah penentang yang paling keras.” {QS2:204}. ShadaqaLlah.

5) Muhammad ibn Ka’b Al Qurazhi menyatakan, “Ayat ini turun tentang seorang lelaki munafiq; kemudian ia berlaku umum bagi orang yang dalam..

6) ..hatinya ada penyakit; yang mengira dapat mengelabui Allah & kaum mukminin dengan ucapannya yang fasih, indah, & mempesona tapi menipu.”

7) Maka kita diperingatkan dari ucapan yang berbahaya ini; tak perlu takjub pada pembicaraan yang berbunga & berpermata tentang hidup dunia.

8) Adapun tentang penampilan; Allah menyatakan; “Dan apabila kalian melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kalian kagum. Dan jika..

9) ..mereka berkata kalian mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap..

10) ..teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya), maka waspadalah terhadap mereka..” {QS63:4}

11) Ibn Katsir mentafsir, “Maksudnya mereka mempunyai penampilan yang bagus; (tubuhnya, pakaiannya, perhiasannya) & sangat fasih berbicara.”

12) “Jika ada yang mendengar ucapan mereka yang penuh logika, retorika, & sastra pasti akan tertarik. Tapi hakikatnya mereka lemah jiwanya.”

13) “Mereka berada dalam puncak kegamangan, kegelisahan, kekhawatiran, rasa takut, & tumbuh sebagai pengecut di dalam diri mereka sendiri.”

14) Maka kitapun diingatkan tuk tidak mudah takjub & terkejut pada ucapan & penampilan macam itu. Kata orang Jawa; Aja Gumunan, Aja Kagetan.

15) AstaghfiruLlah; yang bicara inipun mungkin termasuk si pentakjub; atau bahkan dilekati sifat munafiq nan ucap & penampilannya berbahaya.

16) Tapi mari Shalih(in+at); simak Taujih Allah ini; “Orang-orang yang MENDENGARKAN perkataan lalu MENGIKUTI yang PALING BAIK di antaranya..

17) ..Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal.” {QS39:18}. ShadaqaLlah.

18) Semoga Allah menjaga kita agar tak termasuk para pemfasih lidah yang mencari dalih; atau para penampil pesona yang hanya memburu dunia.

19) Semoga Allah menjaga kita agar tak mudah tertipu oleh kilau gemerlap bergincu manis; agar tak terpesona oleh ucapan nifaq ahli dunia.

20) Semoga Allah karuniakan pada kita hidayah & ilmu yang menajamkan akal & menjernihkan fikir; untuk menyimak kekata & mengikut terbaiknya.

=-=-=-=-=

Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s