#BipolarWorldDay 30 Maret ~ Aku Saat Ini

Kaget ketika baca linimasa pagi tadi dan menyadari bahwa hari ini adalah #BipolarWorldDay. Banyak cuitan para pengidap (eh?) bipolar, the survivors, dan dari mereka yang mencoba berbagi bagaimana memahami bipolar dengan baik. Aku coba salin ulang di sini yah🙂 Tapi gak semua sih. Hanya beberapa.

=-=-=-=-=-=-=

bipolar

Bacaan ringan :

1) 10 Famous People With Bipolar Disorder

2) Di Balik Bipolar

Bipolar dari segi kata tdd 2 polar atau 2 kutub, yang satu kutub depresi yang lainnya manik atau gembira berlebih (@BipolarCareInd)

Dua emosi tadi sebenarnya emosi yang bisa dirasakan oleh seseorang. Yang menjadikan itu sebagai penyakit adalah apakah bisa diatasi oleh orang itu. (@BipolarCareInd)

: I’m more than a diagnosis. I’m a writer, speaker, activist & husband.

Orang bipolar tuh sama kek orang lain, manajemen suasana hatinya aja yang beda, dan orang non bipolar susah untuk bisa paham hal ini. (@tidvrberjalan)

Karena ketika kudu empati, orang normal justru maksa ke bipolar untuk masuk pola pikir mereka yang normal, itu mustahil… MUSTAHIL. (@tidvrberjalan)

Jadi kalo ada gejala swingmood, paling bener adalah ke psikiater dan lakukan assesment, nanti akan muncul point disana dan dikasi treatment. (@tidvrberjalan)

: Kalo elu normal dan susah bareng sama orang normal, gosah coba benerin orang bipolar, normalmu gak normal tuh

: Normal is boring.

Hari ini #HariBipolarSedunia. Juga hari lahir Vincent Van Gogh, pelukis hebat yang bipolar. Hidupnya tragis, tapi karyanya abadi. (@MerryMP)

Apakah anda termasuk ? Ada beberapa gejala yg bisa dikenali sebelum ke psikiater (@MerryMP)

1) Perubahan perilaku yg mendadak. Termasuk perilaku makan, tidur, level energi, rasa percaya diri. (@MerryMP)

2) Menurunnya berkonsentrasi. Sulit bekerja dengan fokus. Atau sulit berpikir secara fokus.  (@MerryMP)

3) Arogansi ekstrim. Bicara tinggi tentang diri sendiri, membutuhkan pujian, pengakuan bahwa anda hebat.  (@MerryMP)

4) Kemarahan tak wajar. Tiba2 marah tanpa alasan, meledak karena masalah kecil, berteriak bahkan memukul.  (@MerryMP)

5)  Mengatur berlebihan. Mengamati perilaku orang, mengaturnya berbuat ini itu, terobsesi banyak hal, cerewet.  (@MerryMP)

6) Perubahan mood yg sangat cepat. Dari senang mendadak sedih, dari malas mendadak rajin. Berlangsung berjam2.  (@MerryMP)

7) Berimajinasi atas rasa sakit. Merasakan sakit/pusing tapi saat diperiksa dokter tidak ada apa2.  (@MerryMP)

8) Mood berubah sesuai musim. Ada yg mengalami depresi saat musim hujan/dingin, atau manik saat musim panas.  (@MerryMP)

9) Sering ambil risiko. Berani lakukan keputusan berbahaya, bahkan terlibat kejahatan, tanpa pikir panjang.  (@MerryMP)

10) Psikotik. Mengalami delusi (mempercayai hal yg tak ada) atau halusinasi (mendengar suara yg tak ada).  (@MerryMP)

bukan gila. Seorang bipolar bisa beraktivitas seperti kebanyakan orang. Bisa jd dia teman anda. (@MerryMP)

: Sebesar 45% penderita pernah melakukan percobaan bunuh diri.

Banyak orang anggap remeh gejala . Dianggap bukan penyakit mematikan seperti kanker atau serangan jantung😦 (@MerryMP)

Lebih menyedihkan, banyak orang mengolok2 seorang . Tanpa sadar bisa jadi dirinya sendiri juga . (@MerryMP)

Semakin seorang membuka diri & mendapat dukungan sekitar, dia akan beraktivitas dgn baik. (@MerryMP)

Selengkapnya di chirpstory😉

===============================================

Aku sendiri sampai dengan latahnya ikutan bercuit tentang bipolar. Untuk beberapa follower baruku, pastinya mengejutkan. Silakan baca di sini:

Aku gak ngeh hari ini adalah hari bipolar. Kadang suka sedih aja kalo inget, jarang ada yang ngertiin aku. Sederhananya: aku dianggap gila.

Susah fokus? Banget. Makanya gak bisa sok-sok nyureng khusyuk di satu kerjaan. Malah yang ada sok multi task, semua dikerjain😀

Aku meledak-ledak seperti kata si Conan? Iya. Tapi bisa jadi 10 detik berikut aku nangis kejer atau ketawa girang. Ya itu, dianggap gila😀

Orang normal mustahil ngertiin bipolar. Apalagi, terkadang bipolar susah buat jujur tentang kondisinya. Diketawain sih iya.

Orang normal cenderung blaming ke bipolar. Susah diatur, menurut mereka. Aku dianggap trouble maker ama keluarga. Sejak kecil.

Pikiran bipolar tuh lompat-lompat. Kalo gak sanggup ngikutin atau ngertiin, mending diem. Jangan pernah coba sok ngerti. Diem aja.

Kadang bipolar gak butuh apapun. Cukup ditemenin & didengerin. Jangan nyela, jangan sok kasih nasehat. Kalo gue sih bakalan tetiba gampar😀

Untung banget gue gak sampe harus konsumsi xanax. Nyaris. Tapi gak mau. Guenya gak mau tergantung ama obat. Tersiksa sih. Cuman ya…

Jadi kadang kenapa gue suka war ama Conan, karena dia termasuk makhluk normal yang sok tau dan nasehatin. KISS! Keep It Simple, Stupid!

Itu juga sebabnya, gue bukan tipe yang mudah percaya sama orang. Tapi gue egois, minta dipercaya😀 koprol

Gue baru kemaren excited ama sesuatu ampe girang banget. Pas baca sesuatu, langsung drop dan nangis sejadi-jadinya. Gila? :p

That’s why, gak banyak yang tahan deket sama gue. Mungkin adalah contoh hebat mau bertahan ama kayak gue.

Bipolar suka ajaib dan melakukan percobaan bunuh diri? Iya. Sean berapa kali tuh memergokin gue nekat. Dia marah, gue makin marah. Kusut.

Bipolar gak nyusahin orang sebenernya, mereka lebih nyusahin dirinya sendiri. Tapi orang normal aja yang ribet. Jadi aja kena getahnya. ☹

Obatku saat ini hanya tawa kedua anakku. They make me feel normal, anyway oh, tentu saja, keep dzikr and pray every time. Am blessed.

Trouble maker ini udah gak keitung berapa kali dipanggil guru BP ampe kepsek zaman sekolah. Dihukum di tengah lapangan juga sering😀


Penutup. Selamat mendengarkan😉

Gitu. Any question? Don’t ask anything.😛

Tinggalkan Balasan

