Tak Kenal, Maka Ta’aruf ~ @ajobendri

Asyik kan judulnya? Iyain aja biar cepat!😀 Ini adalah rangkuman kultwit Bang Bendri tahun 2012. Semoga bermanfaat🙂

=-=-=-=-=-=-=

1| Hey, kamu siap menikah? Udah yakin dengan calonmu? Ingat! Nikah tidak hanya bulan madu. Ada bulan racunnya juga. Mudah2an ia adalah penawarnya #ta‘aruf

2| Biar gak salah pilih, maka pilih calon pasangan gak bisa sembarangan. Batin tersiksa menghabiskan waktu berhari2 dengan orang yang salah #ta‘aruf

3| Mengenal calon haruslah tepat. Tak mungkin didapat melalui pacaran. Sebab perilaku saat pacaran dibuat2. Akhirnya banyak yang kena muslihat #ta‘aruf

4| #Ta‘aruf bisa jadi wasilah. Asal caranya tidak salah. Dapat pasangan yg sah menuju keluarga sakinah. Rumah tangga berkah. Hidup bergairah.

5| #Ta‘ruf bukan pacaran. Syariat tetap diutamakan. Tak ada pegangan tangan. Apalagi umbar rayuan dan nonton berduaan. Itu perangkap setan

6| #Ta‘aruf jg tak perlu dipaksakan. Jk merasa mantap dan kenal sejak lama nian. Silahkan langsung lamar dan bawa ke pelaminan. Lebih nyaman

7| Memaksa #ta‘aruf padahal cinta sudah berkobar, bahkan setiap ketemu hati berdebar, bikin gejolak syahwat makin liar. Udah, buruan dilamar

8| #Ta‘aruf tak perlu terburu2. Agar dapat calon bermutu. Saat menikah tak ada ragu. Agar ucap ijab lancar di depan penghulu.

9| #Ta‘aruf berpedoman pada syariat. Bukan melihat perilaku ustad. Kalau ustad #ta‘aruf sambil berkhalwat, jangan didengar apalagi ditaat.

10| #Ta‘aruf jangan banyak tanya visi&misi. Setiap visi pastilah membuai hati. Kita butuh pasangan yang siap beraksi bukan sekedar janji

11| Tanyakan padanya apa yang telah dialami. Agar mengenal karakter lebih teliti. Jika ia terbiasa mengaji, itulah karakternya yang asli #ta‘aruf

12| Tanyakan kebiasaannya dahulu kala. Sebab setiap karakter punya pola. Jika ia dulu terbiasa bekerja, begitu pula saat berumah tangga #ta‘aruf

13| Tanyakan pula hubungannya dengan keluarga. Jika ia berasal dari keluarga harmonis, maka akhlaknya pun manis. #ta‘aruf

14| Apakah ayahnya terlibat mengasuh saat kecil? Ini menentukan karakter calon yg siap tampil. Masalah dihadapi dengan terampil. #ta‘aruf

15| Apakah ia dekat dengan ibunya? Ini membentuk karakternya yang peka rasa. Tau apa yg dimau wanita. Senantiasa menjaga kata2 kepada istrinya. #ta‘aruf

16| Hindari banyak tanya kepada calon kita. Pastilah ia akan meninggikan dirinya. Kenalilah ia dari kawan karibnya atau kerabat utama #ta‘aruf

17| Bertanyalah kepada kawan yang pernah jalan jauh bersama, menginap&bermua’amalah dengannya. Kawan yang pernah mengalaminya tau betul karakter aslinya #ta‘aruf

18| Kenal calon lihat dari kawannya. Sebab kawan menentukan selera jiwa. Jika ia berkawan dengan penghafal quran, itu tanda hatinya cinta kebaikan #ta‘aruf

19| #Ta‘aruf bukan cari calon yang sempurna. Namun yang kekurangannya bisa kita terima. Jika ingin calon sempurna, bersiap jomblo selamanya

20| Catatlah kejadian #ta‘aruf dan timbang. Agar menikah tdk sembarang. Rumah tangga tak goyah saat badai menerjang. Siap jd pemenang

21| #Ta‘aruf itu sejarah. Catat dan rekam baik2. Agar jadi teladan penuh hikmah bagi anak cucu di akhir masa

22| Bawa catatan pas #ta‘aruf saat konsultasi kepada Allah. Siapkan diri terima kekurangannya. Latihlah diri jika keburukannya kumat tiba2

23| Jika selesai #ta‘aruf kamu akhirnya mencintainya karena “ada apanya”, maka saat menikah belajarlah untuk mencintainya “apa adanya”

24| #Ta‘aruf yang berkah berujung pada keluarga yang sakinah. Jangan rusak ta’aruf dengan perbuatan yang Allah murka. Makanya jangan disengaja lama

25| Jika tak ada alasan untuk menolaknya & semua keluarga pun terima, tunggu apalagi. Khitbah ia dengan segera. Agar cinta berujung ridhoNya #ta‘aruf

26| Selamat ber#ta‘aruf bagi yang menjalaninya. Semoga pernikahan yang dijalani adalah gladi resiknya kita di surga. Indah hingga akhir masa

Twitter @ajobendri / Ustadz Bendri Jaisyurrahman – 02/06/2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s