Mendeteksi Kontradiksi ~ Akmal Sjafril

Urusannya dengan JIL lagi ini mah😀 Jangan pernah bosan dan lelah untuk berjuang! Semangat! Harus berani mengatakan yang haq adalah haq, gak pakai acara didiskon apalagi dieliminasi jadi bathil.


Mendeteksi #Kontradiksi dalam sebuah pemikiran sesungguhnya tidak terlalu rumit. Jika seseorang meyakini sesuatu, maka ia akan bertindak sejalan dengan keyakinannya. Metode cek konsistensi ini sangat ampuh untuk digunakan kepada kaum liberalis.

  1. Kemarin heboh soal debat, banyak pula anonim yg mention, tp sy nggak sempat cek TL. Skrg akan sy tanggapi. #Kontradiksi
  2. Saya mulai dgn sebuah pertanyaan dari seorang teman: “Kenapa sih yg membantah Islam liberal justru kebanyakan org sains?” #Kontradiksi

  3. Jawaban saya simpel saja: “Karena org sains terbiasa mendeteksi #Kontradiksi”.

  4. Saya gunakan sebuah soal matematika sbg contoh: Apakah x^2 / x = x ? (x^2 artinya x pangkat 2) #Kontradiksi

05.Banyak org menjawab: “Ya, x^2 / x = x !” #Kontradiksi

06.Tapi bagi org yg sudah lulus matkul Kalkulus, harusnya ngeh bahwa persamaan ini inkonsisten di x=0. #Kontradiksi

07.Jika x=0, maka x^2 / x TIDAK SAMA dengan x. Sebab nol dibagi nol tidak sama dengan nol. #Kontradiksi

08.Inilah cara mendeteksi inkonsistensi. Matematika bukan cuma soal rumus, tapi soal logika berpikir. #Kontradiksi

09.Utk mengecek konsistensi sebuah persamaan, Anda tdk mesti memasukkan ribuan angka sbg nilai x. #Kontradiksi

10.Masukkan x=1, lalu cek nilai x^2 / x. Lalu x=2, x=3, x=1000, x= -1, x= -2, dst… Kelamaan! #Kontradiksi

11.Tapi dgn nalar, kita cukup mengecek konsistensi persamaan di x=0. Eh, ketemu inkonsistensinya! #Kontradiksi

12.Kalau ketemu satu titik saja inkonsistensi, maka persamaan tsb sudah salah. Tdk perlu dicek seribu titik. #Kontradiksi

13.Makanya, dlm kalkulus, ada persamaan yg ditulis: f(x) = x^2 / x; x tidak sama dgn 0. Kalau begini, persamaannya bener.#Kontradiksi

14.Lha, kok jadi ngomongin kalkulus? Sabar! Logika mmg harus diresapi🙂 #Kontradiksi

15.Menghadapi bebek2 liberalis kadang memang njelimet. Rujukannya (seolah) banyak. Makanya ada jg yg jatuh mental duluan. #Kontradiksi

16.Padahal, utk mengecek inkonsistensi mereka, mudah saja kok. Tdk mesti mengecek semua rujukan jg. #Kontradiksi

17.Sbg contoh, jika ada yg bicara soal ‘hormati perbedaan’ tapi omongannya begini, jelas kelihatan #Kontradiksi-nya.pic.twitter.com/75nMoqQlr4

18.Kita tdk perlu mengecek rujukannya yg canggih2. Cukup cari satu saja bukti bhw ia tdk hormati perbedaan. #Kontradiksi

19.Demikian jg kalau ada yg mengaku rasional tp logikanya begini, jelas bgt #Kontradiksi-nya. pic.twitter.com/4XUAfOiTo3

20.Kita tdk perlu ikuti argumennya yg berpanjang lebar. Ambil saja satu contoh, cukup utk bukti inkonsistensi. #Kontradiksi

21.Bagi org sains, logika Islam liberal memang tdk pernah bisa dicerna. Atau lbh tepatnya: tdk berlogika sm sekali. #Kontradiksi

22.Tidak logis, misalnya, ada mahasiswa baru belajar fiqih sebentar saja sdh bisa memaki Imam Syafi’i. #Kontradiksi

23.Tidak logis pula kiranya jika ada yg kuliah perbandingan agama 4 semester lalu bilang semua agama benar. #Kontradiksi

24.Apa mungkin belajar semua agama itu cukup 4 semester? Kpn risetnya, kok bs simpulkan semuanya benar? #Kontradiksi

25.Nah, tapi ada jg yg bilang agama Islam pun gak logis. Padahal dia mengaku Muslim! Lha, yg gak logis siapa? #Kontradiksi

26.@ulil misalnya, mengatakan bhw azab Allah kpd kaum Nabi Nuh as sangat berlebihan. Lalu knp menyembah Allah?#Kontradiksi

27.Atau Qur’an-nya yang salah? Lalu mengapa kadang2 masih merujuk pd Al-Qur’an? #Kontradiksi

28.Makin ngotot @ulil berkilah, yg kelihatan inkonsisten justru dia sendiri. Mungkin krn gak belajar Kalkulus🙂 #Kontradiksi

29.Silakan baca hujatan @ulil thd azab Allah di sini! >> http://ulil.net/2008/08/06/memahami-kitab-kitab-suci-secara-non-apologetik/

30.Ada jg yg bilang: “jgn gunakan perspektif agama sendiri utk menilai agama lain!” Lalu pakai perspektif apa? #Kontradiksi

31.Apa logika ini masuk akal? Kita harus pakai perspektif org utk menilai org lain? Supaya semuanya benar? #Kontradiksi

32.Seorg mahasiswa pernah curhat ke saya bhw dosennya jg bilang begitu. “Kalau menilai Kristen, gunakan perspektif Kristen!”#Kontradiksi

33.Sy suruh mahasiswa itu utk bilang ke dosennya: “Kalau bapak menilai jawaban UTS saya, pakai perspektif saya donk!”#Kontradiksi

34.Dgn demikian, semua mahasiswa dapat nilai 100 karena semua jawaban benar menurut perspektif masing2. #Kontradiksi

35.TETOT!!! Logika pak dosen inkonsisten! Kelihatan deh#Kontradiksi-nya. Gampang kan?🙂

36.Orientalis dulu memang hobi menyerang Qur’an, misalnya, dgn berpegang pada Bibel. #Kontradiksi

37.Dlm Qur’an ada cerita soal Nabi Ibrahim as, misalnya. Kata orientalis, ceritanya gak akurat. #Kontradiksi

38.Sebab, menurut mrk, yg akurat itu versi Bibel. Ya boleh2 aja sih mrk pakai Bibel sbg acuan… #Kontradiksi

39.Masalahnya, di kemudian hari, mereka sendiri yg menyadari bhw Bibelnya banyak #Kontradiksi. TETOT!!!

40.Sementara umat Muslim masih lapang2 dada saja dgn Qur’an, sebab Qur’an itu “laa rayba fiihi”. #Kontradiksi

41.“Laa rayba fiihi” ini buat yg beriman lho ya, buat yg mempertanyakan azab Allah kayak @ulil mah gak tau deh :P #Kontradiksi

42.Sudah sejak dulu para cendekiawan Muslim mempelajari agama lain dengan perspektif Islam. #Kontradiksi

43.Contohnya ada Kitab Al-Milal wa al-Nihal karya asy-Syahrastani. Membahas berbagai aliran dan sekte agama.#Kontradiksi

44.Tapi dlm bahasan itu, gak pernah asy-Syahrastani bilang “semua agama benar”. #Kontradiksi

45.Beliau meyakini Islam yg haq, yg lainnya bathil. Keimanan beliau konsisten dgn isi bukunya. #Kontradiksi

46.Beda donk dgn org yg ngotot disebut Muslim tapi kerjanya nyalahin Islam melulu, mengkritisi Qur’an dll. #Kontradiksi

47.Beriman tapi sekaligus meragukan? Atau beriman tapi gonta-ganti perspektif? Itu #Kontradiksi namanya!

48.Terkait dgn tuduhan @sahaL_AS bhw metode Kang@hafidz_ary sama dgn orientalis, ini jg patut dikritisi.#Kontradiksi

49.Jika yg dilihat hanya kulitnya, maka kesimpulannya ‘mrk sama2 menilai agama lain dgn perspektif agama sendiri’. #Kontradiksi

50.Padahal, penggunaan perspektif secara konsisten itu biasa dlm dunia akademis. #Kontradiksi

51.Justru aneh jika perspektifnya gonta-ganti. Hanya manusia tak berprinsip yg melakukan demikian. #Kontradiksi

52.Dan saling kritisi perspektif itu biasa. Itulah yg sebenarnya tengah terjadi, tp #mereka gagal paham. #Kontradiksi

53.Org  Kristen boleh kritisi Islam dgn perspektifnya sendiri. Kang@hafidz_ary boleh donk lakukan sebaliknya? #Kontradiksi

54.Menurut saya, kesimpulan soal ‘perspektif’ ini masalah kemalasan berpikir saja. #Kontradiksi

55.Tidak semua masalah bisa diselesaikan dgn kata2, “Itu tergantung perspektif!” #Kontradiksi

56.Perspektif itu sendiri harus dinilai benar-salahnya. Tidak semua bisa diterima sbg kebenaran. #Kontradiksi

57.Jadi, ketika orientalis menilai kisah2 dlm Qur’an sbg palsu dgn berpegang pd Bibel, maka Bibelnya harus siap dikritisi.#Kontradiksi

58.Nah skrg kang @hafidz_ary mengkritisi perspektif orientalis, salahnya dimana? #Kontradiksi

59.Saya lihat, terlalu banyak caci maki dialamatkan kpd kang@hafidz_ary, tp argumennya nihil. #Kontradiksi

60.Masalah sebenarnya adalah kang @hafidz_ary sdh berhasil membongkar kesalahan perspektif lawan debatnya. #Kontradiksi

61.Nah, sekarang soal tantangan debat turats nih. Ini bukan tantangan baru. Dulu jg sdh pernah di-sounding kan? #Kontradiksi

62.Yg heboh juga itu2 lagi. Yg nantang @sahaL_AS, yg heboh@Stakof, dan muncul deh akun2 anonim hehe #Kontradiksi

63.Kita bisa menebak bahwa @sahaL_AS sedang berusaha mencitrakan dirinya sbg ‘santri’. #Kontradiksi

64.Seolah2 org kalau belajar turats akan menjadi liberal seperti dia. Sengaja, lawan yg dicari adalah saya & kang @hafidz_ary.#Kontradiksi

65.Kalau bagi saya, mengakui kelemahan adalah hal ringan. Bahasa Arab saya masih sangat lemah. Tuh, gampang kan?🙂 #Kontradiksi

66.Tapi seperti saya jelaskan di awal, kalau hanya utk membongkar#Kontradiksi, tdk perlu merunut sampai ke pangkal pemikiran.

67.Dgn melihat di sana-sini saja, pemikiran @sahaL_AS banyak#Kontradiksi-nya.

68.Sebagian dr #Kontradiksi itu sdh dibongkar tadi pagi oleh Kang@hafidz_ary. (silakan scroll down aja kalau niat ke akunnya kang Hafidz😛 ; An.)

69.Mengkritik orientalis tapi berteman dgn tokoh2 JIL? TETOT!!!#Kontradiksi!

70.Ngaku baca turats tp pemikiran berlawanan dgn para ulama? TETOT!!! #Kontradiksi lagi!

71.Tapi bagaimana pun saya tertarik dgn tantangan debat tsb. Sekali2 perlu jg digelar debat terbuka. #Kontradiksi

72.Tapi, ada tapinya nih… Kalo soal turats, saya yg cuma asisten para ulama ini manalah berani jumawa. #Kontradiksi

73.Urusan turats, tidak mungkin kaki saya beranjak melangkahi gurunda @salimafillah, misalnya. #Kontradiksi

74.Apalagi saya kenal jg dgn ustadz muda nan cerdas dari pesantren NU @sidogiri, ust. @AchyatAhmad. #Kontradiksi

75.Di MIUMI, kita kenal jg asatidz hebat seperti ust. Idrus Romli.#Kontradiksi

76.Oya, ust. Idrus Romli ini adalah tokoh Forum Kyai Muda (FKM) NU. Sangat dihormati. #Kontradiksi

77.Beliau jg sangat anti JIL. Coba cek rekaman debat beliau dgn@ulil di https://www.youtube.com/watch?v=Tklre2xSilo #Kontradiksi

78.Ada juga ust @Fahmisalim2 yg jebolan Al-Azhar. Ah, cocok sekali kalau dipertemukan dgn @zuhairimisrawi. #Kontradiksi

79.Atau mau yg doktor? Boleh, ada ust Saiful Bahri @L_saba.@zuhairimisrawi mau pilih yg mana?🙂 #Kontradiksi

80.Mohon maaf, kami yg bergaul dgn para ulama senantiasa memelihara adab. Kami tahu posisi kami. #Kontradiksi

81.Saya bukan ustadz, boro2 ulama. Dari dulu saya sudah bilang begitu. Kerja sy di ranah dakwah cuma bantu2 dikit. #Kontradiksi

82.Mana berani saya memenuhi tantangan yg jauh lebih pantas dijawab o/ mereka yg lebih ahli. #Kontradiksi

83.Adapun saya, dgn kelemahan ilmu saya, berkutat mendeteksi#Kontradiksi sajalah. Dgn logika level Kalkulus 1 dan 2🙂

84.Tapi ini usul yg bagus utk #IndonesiaTanpaJIL. Mulai skrg, biasakan mengundang org2 JIL ini. #Kontradiksi @TanpaJIL

85.Kasihan mereka, masak panggungnya di UIN/IAIN, Utan Kayu dan Salihara melulu. #Kontradiksi

86.Jadi kapan2 kalau undang ust @Fahmisalim2, misalnya, tulis di publikasi: “Turut mengundang @zuhairimisrawi#Kontradiksi

87.Ini sekedar usulan saya. Kita jg senang kan kalau #mereka mau hadir. Lumayan buat hiburan😀 #Kontradiksi

88.Kita tunggu tokoh2 JIL turun gunung, membongkar semua#Kontradiksi pemikiran mereka! Horeee…!!!😀

89.Semoga kita terhindar dari logika njelimet yg ujung2nya cuma#Kontradiksi. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin…

===========================

-end-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s