Mengawali Maret Penuh Cinta

Pagi yang penuh semangat meski ngantuknya luar bi(n)asa.

Setelah kedubrakan di rumah, masih mengantuk tapi harus sudah jalan ke arah barat. Hotel Hilton Paskal, here I go!

Berangkat pukul 6 pagi ternyata sampai di Paskal pukul 8 pagi. Edyan beneran 2 jam. Huwoooooo…. Akhir pekan di awal bulan, BANDUNG! Fain! Nais! Gud! Mari menikmati hari ini. Entah akan ada apa.

gapura

Acara yang diprakarsai oleh Google Indonesia dan menunjuk KIBAR sebagai penyelenggaranya ini baru kuketahui jadwalnya sekitar 10 hari sebelum hari H. Sempat galau ketika melihat jadwalnya. Tapi nekat dong ngedaftar *euh* Akhirnya sih AYTKTM alias apapun yang terjadi kami tetap mendaftar #eh:mrgreen:

Pukul 8 teng sampai di lobi hotel, naik ke lantai 3, tempat acara GAPURA akan segera di mulai. Jam segini udah pada dateng. Acara pukul 10. Pinter panitia nyuruh dateng 2,5 jam sebelum acara. Hweh. Sudah ada sekitar 20 orang yang hadir ketika aku tiba. Ketika jam tanganku menunjukkan pukul 08.30 WIB, tak ada tanda-tanda penuaan dini #eh😆 Maksudnya tanda pendaftaran ulang akan dibuka tuh gak ada. Makin gerah aja deh ih.

thanks ya panitia, lumayan numpang nampang ^^
thanks ya panitia, lumayan numpang nampang ^^

Bahkan orang yang mengundangku pun (Herry Fahrur) malah belum datang. Laaaaah, kumaha ari di dinya teh ih! Ketika aku mulai masuk antrian pendaftaran, dia bilang ada di ujung belakang barisan. Tsakeup! Hih!

Setelah menunggu sekitar setengah jam (sambil nangkring asyik deket colokan buat ngasih nyawa ke henpon), mari menggeser ke arah pintu masuk sambil menahan haus yang amat sangat. Lupita gak membawa air minum. Ya sutralah yaaa… Sempat mendengar celetukan beberapa pria yang berdiri di depanku, “Rasanya kita keluar barisan nih. Ayo antri!” Dijawab temannya, “Iya, budayanya sih gitu.” Aku nyengir aja waktu dengerin celoteh geje itu. Halaaaaahh….

fotoin makanan utuh terlalu mainstream :D
fotoin makanan utuh terlalu mainstream😀

Begitu pintu masuk dibuka, disambut dengan coffee break! Alhamdulillah! Waktunya ngopi! Camilannya enak tuh. Plus kopinya pahit mantap. Pakein susu dan gula merah deh dikit biar ada rasa. Dan sampai detik ini belum menemukan orang yang kukenal. Berapa orang yang hadir? 200? 300? Lucu deh ini. Bandung ternyata luas ya? Aku sulit bertemu yang kukenal di sini. Kalau waktu tinggal di Jakarta, aku justru gampang banget ketemu kenalan ketika ke mall atau ke kafe.

Oke, lanjut! Setelah sedikit cenghar karena kopi, mari masuk ruangan utama. Posisi menentukan prestasi. Duduklah aku di barisan paling depan, persis di belakang sofa yang menjadi tempat duduk Gita Wirjawan. *eh, penting ya, an?*:mrgreen: Gak sih, hanya saja aku selalu merasa lebih bisa fokus bila duduk di depan. Terkadang duduk di barisan kedua saja aku bisa dengan mudah terdistraksi. And many thanks untuk Rea yang sudah memberikan tenaga pada kedua hapeku😛 *ketjups*

Ada satu yang konyol. Aku baru menyadari kalau warna pada logo Gapura itu sebenarnya presentasi dari warna Google ya? *elu ke mana aja, aaaannnn…* Hihihihi…. #abaikan Dan ternyata maksud dari logo GAPURA adalah sebagai pintu gerbang dunia perdagangan dari offline menuju online. Begitu.

Jujur aku gak terlalu ingat apa yang diutarakan pak Gita Wirjawan (ya Tuhan, ingatanku memang pendek *nangis*) Tetapi satu yang menempel banget tuh ini —> “Nama baikmu itu aset yang paling penting,” nasihat Gita Wirjawan. Baiklah, Pak! Karena ternyata itulah yang akan membuatmu bisa masih ke sebuah jaringan bisnis, memperkenalkan siapa dirimu dan bagaimana track record kamu. Hmmmm… Yaaa, kurang lebih begitu lah yaaa… “Kalau kita bisa melakukan jazz, kita bisa melakukan improvisasi,” lanjut Gita yang mengatakan jazz bisa diaplikasikan dalam bisnis atau pemerintahan.

“Langsung action. Gak pakai menunggu. Bila ada instruksi, segera ambil tindakan.” <— salah satu contohnya adalah ketika ada perintah untuk menggunakan sepatu dan dasi, maka beliau langsung patuh dan tak banyak bicara. | Baiklah. No wasting time ya, pak Gita?

Masuk pada sesi berikutnya: “Tingkatkan Performa Bisnis Anda: Terhubung Dengan Pelanggan Secara Online” dari Pak Henky Prihatna, Industry Head Google Indonesia. Bagian yang paling menarik dari semua sesi menurutku karena materinya mirip dengan apa yang disampaikan Area Manager Oriflame Bandung sih. *teteup ya bo, promosi*

Revolusi digital memengaruhi perilaku pelanggan. Termasuk di dalamnya adalah kebiasaan baru yang semakin digemari nyaris semua kalangan usia: SELFIE alias NARSIS!😆 Bahkan, beberapa kempen dihital pun memasukkan lomba selfie untuk promosi produk terbaru mereka. Hadeeeeehhh….

Sebagai pebisnis UKM tentunya harus jeli karena pelanggan berubah sesuai dengan kemajuan digital. Kita tak bisa lagi memaksakan diri hanya beriklan pada media cetak karena kebiasaan sudah cukup bergeser. Sekarang, kalau pagi hari yang dibuka adalah Twitter, Facebook, G+, Path, Instagram, atau bahkan YouTube. Lah, mana tuh kebiasaan lama menunggu tukang koran melempar buntelan koran baru pada pagi pukul enam? Ini bukti tahun 2013: Konsumsi media di Indonesia: 8,7% cetak; 17,4% radio; 30% internet. (Euh, data lengkapnya lupa, keburu pindah slide😦 )

Perilaku pelanggan berubah berdasarkan survey terhadap UKM: 2011; 70% dan 2012; 80% <— ini aku mencatatnya in a rush, lupa tentang apa. *gigit modem*

Bisnis online adalah bisnis yg di-marketing-kan secara online via jaringan internet. Iyes banget, di zaman sekarang, kemudahan mengakses internet secepat mengetik paswor di layar ponsel dan terbukalah semua fasilitas yang dibutuhkan. Masuk Google Search, akan ada 2 klasifikasi: Organic results dan Google Adwords / PPC (pay per click). Ini bisa dibuat dengan haratis yaaaaa…

81% dari pelanggan UKM bilang setelah melihat iklan online ketika belanja, mereka menjadi lebih ingat terhadap merek yang dipasarkan « awareness.

Nah, aku #barutahu soal iklan yang suka muncul sebelum video di YouTube yang biasanya suka di-skip ituh! Jadi kalau iklan tak dilihat secara penuh, ya tidak akan ada yang harus terbayarkan. Murah, sekitar Rp300 per iklan yang dilihat secara penuh. Eh, makanya kenapa ada iklan yang tak bisa di-skip, mungkin karena itu kaaaaahhhh??? *mendelik judes*😀

Ah, aku tak sempat mencatat sesi sharing Bob Merdeka dan dua panelis lainnya. Aku suka gak bisa membuat live report kalau pembicaranya banyak😦 Hanya sempat memerhatikan soal pajak dan bea cukai di negara luar. Penjualan / pengiriman barang ekspor selalu harus mengikuti aneka pajak di negara tujuan. Misal: pajak bahan kulit di Jepang. Begitu. 

sesi pertanyaan pada ketiga panelis pertama. makasih fotonya  ya panitia :)
sesi pertanyaan pada ketiga panelis pertama. makasih fotonya ya panitia🙂

Masalah komplain pelanggan, regulasi, pajak, bea cukai, dan teknologi pendukung ternyata ‘sudah biasa’ bagi UKM. Harus mau terjun langsung menjadi kurir pribadi bila pengiriman terkendala. Terutama ke luar negeri. (Boleh dicontoh nih!) Semua bisa dipelajari. Semua “how to” berkaitan dengan ekspansi ke luar negeri itu ada di Google. Cari saja.

Ketika Oon Arfiandwi, CTO 7Langit naik ke atas panggung membawa tema Maximizing Web for Your Business « nah! Pertanyaan pertama: “Ada yang belum punya web pribadi?” Cung! Choose the right domain name for your business and get your business listed on Google Search and MapGoogle Adwords Express « coba deh, untuk mempromosikan usahamu go online dengan mudah.

Untuk sesi tentang bagaimana membuat G+ untuk bisnis, aku sempat mencatat sebagai live tweet, tapi ternyata gak ada satupun yang masuk! *tujes-tujes sinyal*

Jonathan Kairupan, Program Manager Google Indonesia on the stage dan ngobrol tentang G+ for business. Kesempatan 57juta bisnis/usaha di Indonesia tapi kurang dari 1% yang dapat ditemukan di internet.

Sandy Tantra, Consumer Marketing Manager Google Indonesia turut berbagi ilmu. Keputusan pembelian semakin menjadi keputusan sosial. 40% pembeli mencari informasi di social network mereka sebelum membuat keputusan. Ya tanya ke teman, saudara, tetangga, atau mencari referensi lain. 59% pembeli di US membaca review dari orang terdekatnya sebelum melakukan keputusan.

Buatlah G+ Page, segera verifikasi, link dengan YouTube, mulai membangun follower, posting regularly, terakhir klaim custom URL « 6 ways to start your online business.

Posting sebuah status atau artikel atau apa saja, ask a review, bergabung dengan komunitas bisnis, partisipasi dengan mencari hashtag yang sesuai, buatlah acara face 2 face « 5 easy tips G+ Page.

Dyah Wulandari, Account Manager Google Indonesia sebagai pemateri terakhir memberikan beberapa video dari YouTube yang membuat semua peserta tersenyum dan berdecak kagum. Oh, bagian membuat cupcake sih yang dibikin dongkol. Sengaja. Ternyata.😛 Karena ternyata video tutorial cupcake itu menarik dan membuat orang enggan beralih sebelum selesai keseluruhan videonya. Nah, itulah kekuatan YouTube. Tahukah kamu  search engine nomer 2 adalah YouTube, bukan Yahoo/Bing. Eh iya lho, kadang aku suka mencari, “Bagaimana sih caranya membuat ini, itu, anu.” Bahkan, kebutuhan materi homeschooling kedua anakku ya dari YouTube juga! Beriklanlah dengan media yang bisa didengar, dilihat, dan memiliki konten menarik. Miliki akun YouTube🙂

More investment in video advertising than ever before <— ini bener banget! Sampai si Herry memberi ide (tapi sambil meledek), “Di, lu coba bikin tutorial membuat Nutrishake deh.” Aku mendelik sebal.

Oke, sekian. Eh, ada yang terlewat? Oh, sesi panelis yang semuanya cowok ya? Gitu deh, aku gak bisa bikin laporan kalo pembicaranya keroyokan. Kalau satu per satu baru bisa. Maaf😦

Trus… Menu makan siangnya endang bambang lho. Menu coffee break juga. Sayang gak bisa dibungkus bawa pulang ya?😆 Bwahahahaha…. *ditimpuk panitia*

it's me! etapi namanya gak lengkap sih. yowes lah.
it’s me! etapi namanya gak lengkap sih. yowes lah.

Ada yang rada lucu menurutku, ketika masuk ruangan, baru sadar bahwa peserta tidak diberikan semacam notes dan bolpen. Ah ya, di era dihital macam begini, pastilah semua mencatat di gadget masing-masing. Terbukti, 95% yang hadir sibuk dengan aneka ponsel dan tab atau iPad mereka😆 Meski pada akhir acara diberika gudibek berisi buku dan bolpen, aku sih seneng. Lumayan buat nulis aneka draft tulisan baru. Hihihi…. Teteup muakaciiiihhh…

Dear panitia, aku butuh semua slide materi GAPURA Bandung tanggal 1 Maret ini dooonnggg… Puhliiiiissss….

—- end—–

PS: mengawali dengan cinta itu benar kok. semoga bulan ini segalanya berjalan dengan lancar, penuh manfaat, dan berkah melimpah. aaaaaaamiiinnnnn🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s