Capres Muda Itu Bernama Gita Wirjawan

Sepertinya menarik untuk membahas tentang sosok Gita Wirjawan. Mari kita kenalan. Mulai yuk!

sumber: www.portalkbr.com
sumber: http://www.portalkbr.com

Jujur aja nih, aku baru mengetahui ada seseorang capres bernama Gita Wirjawan dari Twitter. Waktu itu, tak ada twitpic, jadi kupikir orang ini pasti perempuan. Penelurusan sekian minggu kemudian akhirnya diketahui tentang latar belakang namanya:

Terlahir berdarah Jawa-Manado. Almarhum Wirjawan Djojosoegito dan Paula Warokka Wirjawan berharap bungsu dari lima anak mereka adalah seorang perempuan. Mereka menyiapkan pernak-pernik baju bayi perempuan. Termasuk nama Gita. Tapi Tuhan berkehendak yang lahir adalah seorang lelaki pemimpin. Akhirnya diberilah dia nama ‘Gita Irawan Wirjawan’.

Oh, oke deh Pak Gita🙂

Calon presiden hasil konvensi Partai Demokrat per tanggal 29 September 2013 itu adalah Menteri Perdagangan dan menjadi salah satu yang termuda di kabinetnya Pak SBY jilid II. *manggut-manggut* (berasa baca cergam zaman aku kecil deh ada jilidnya😛 )

Pria kelahiran 21 September 1965 ini juga menjadi Ketua Umum PBSI. Tau gak PBSI itu apa? Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia. Nah, Pak Gita terpilih menjadi Ketua Umum PBSI pada September 2012. Eh, jujur lagi, aku aja gak perhatiin kalau ketua PBSI yang dimaksud adalah orang yang sama dengan calon presiden tahun 2014 mendatang lho. Kirain Gita Wirjawan yang lain lagi… *disambit raket*

Apa yang menarik dari seorang Gita? Buat aku yang awam ini banyak banget. Untuk ukuran seorang pejabat pemerintah sih tergolong muda. Tahun ini saja baru berusia 48 tahun. Berarti belum setengah abad. Tetapi mencalonkan diri sebagai presiden periode 2014 – 2019 tentu bukan hasil pemikiran sehari atau dua hari. Harkat hidup orang banyak lho bro, yang akan diurus nantinya. Tentu, ini menjadi poin penting yang disadari penuh oleh Pak Gita. Bukankah Pak Gita mengusung tagline “Berani Lebih Baik”? Ya harus berani dong! Terkadang, sebuah niat baik memang harus dipaksakan. Maksudnya, kalau kita tidak membuat sebuah langkah untuk memulai, perubahan itu gak akan pernah ada.

Pak Gita, seorang penggemar Slank ini menjadi salah satu pilihan di antara sekian nama yang maju menjadi calon presiden nantinya. Kenapa? Karena Indonesia butuh sosok muda yang enerjik dan gesit. Sementara permasalahan di Indonesia semakin kompleks dan butuh solusi tepat guna untuk menyelesaikannya.  “Tapi Gita Wirjawan belum pengalaman di pemerintahan.” <— ini mungkin termasuk salah satu pertanyaan banyak orang ya? Aku sih ngeliatnya sebagai sebuah peluang untuk membuktikan. Kalau kita sebagai masyarakat gak kasih kesempatan, ya gak akan terbukti toh?

Salah satu poin yang tercantum dalam Visi & Misi Pak Gita di bidang politik dan pemerintahan adalah, “Meningkatkan kualitas pemerintahan sebagai pelayan publik.” Harapanku sih bener-bener memohon dengan sangat, ini diseriusin gitu lho. Maksudnya, please pangkas birokrasi yang tak perlu. Efisien waktu dan SDM sepertinya bisa dimaksimalkan. Yaaaa apalah istilahnya, aku awam soal beginian.

Menempertahankan kekayaan budaya. <— Ini adalah salah satu strategi utama Pak Gita bila terpilih nantinya. Ini sih wajib, Pak! Dukung! Jangan sampai ada budaya Indonesia yang diakui negara lain. Dukunglah para pegiat seni budaya untuk tetap bertahan melestarikannya. Bentuknya bisa dana dan promosi. Mereka membutuhkan itu. Beberapa budaya yang terancam punah sudah di ambang kolaps karena tidak adanya generasi muda yang mau meneruskan. Jangan sampai generasi mendatang lebih mengenal lagunya Super Junior tinimbang lagu Yamko Rambe Yamko. Nah loh!

Segitu aja deh ya, selayang pandang tentang Gita Wirjawan dari sudut pandang seorang warga negara yang awam🙂 Salam sukses untuk Pak Gita senantiasa!

4 thoughts on “Capres Muda Itu Bernama Gita Wirjawan”

  1. Mundurnya Gita Wirjawan dari kabinet SBY akan jadi trigger mundurnya menteri2 lain terutama yg berasal dari parpol, Karna SBY sdh gak Laku
    Ini sih sdh jadi hukum “Rimba” kalo lo pelihara anak buaya di rumah, suatu saat akan dimakan sang tuannya kalo gak bisa ksh makan lagi.
    udah jadi ‘lagu basi’ alasan yg mundurnya gita dr kabinet utk naikin elektabilitasnya. tahun 2004 sby juga melakukan hal serupa. namun sekarang rakyat udah pada pinter”.
    lagu” basi macam itu untuk memposisikan diri sebagai yg terdzolimi dan sok” bela rakyat , rakyat udah pada mahfum ujung” nya “melas” cari muka”. deskripsi utk orng” sprti itu adalah : orang” yg haus akan power, lakukan apapun utk ada diatas/jadi president
    klo memang bela rakyat napa gk dilakukan dari dolo ? napa ente mundur deket” sby lengser jabatannya ? kelicikanmu mudah sekali dibaca masyarakat luas
    alasannya sih pasti sama : saya mengundurkan diri dari kabinet SBY karena menganggap Kabinet ini sdh gak pro Rakyat « Biji lo Kotak😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s