Apalah Arti Sebuah Nama Berkaitan Dengan Personal Branding?

Pertanyaan menarik!

Rasanya pernah menulis sedikit tentang ini. *Lupa di mana, cari sendiri deh* *Digetok*😆

Tapi untukku, ini penting. Setidaknya, orang mengenalku dengan baik karena nama ini.

Andiana Moedasir.

Jujur, ini memang bukan nama asli. Awalnya karena amplop hasil CT Scan saat aku harus biopsi dulu tertulis “Pasien: Anwiana.” Typo. Aku protes, “Enak aja ganti nama orang sembarangan. Namaku kan Diana, kenapa jadi Wiana? Heran!” Tetapi hal itu membuatku mengutak-atik namaku. Nama panggilanku: An. Nama di akta lahir: Diana. Sepertinya bagus untuk dijadikan nama baru😉

Sampai aku kuliah, aku tetap memilih dipanggil An ketimbang Diana. Alasannya sederhana: nama An lebih ringkas dan enak manggilnya. Mau teriak juga gak panjang napas😆 Kalau Diana terlalu umum.

Aku menggunakan nama Andiana Moedasir untuk nama pena saat mengikuti tantangan #99Writers dari Nulisbuku tahun 2010. Bingung mau memakai nama apa yang bisa digandeng dengan Andiana. Akhirnya kuputuskan memakai nama almarhum bapakku karena aku merasa dari beliaulah kecintaanku pada dunia penulisan ini bermula.

Setelah tiga tahun memakai nama Andiana Moedasir, aku bahkan lupa punya nama asli *ngakak guling-guling* Dan karena kebiasaan itulah, setiap ada paket yang sampai ke rumah, tetangga awalnya bingung kalau ditanya kurir. “Gak ada yang namanya Andiana di sini.” *ngikik*

Dan setiap berurusan administrasi resmi pun, banyak pihak yang bingung. “Jadi Andiana tuh siapa?” Ya aku dong! Nama pena. *angkat alis* Pun ketika berhadapan dengan bisnis Oriflame, meski nama yang terdaftar tetap nama sesuai KTP, orang sudah kadung mengenalku sebagai Andiana. Malah, pernah kena semprot mbak Dini Shanti ketika aku pertama kali ‘berbunyi’ di milis. *sungkem* Beliau mengira aku (sebagai Andiana) ini hacker emailnya Diana. *gubrak*

Personal branding sebagai Andiana Moedasir mulai terbentuk secara alami. That’s good. Sekarang, saatnya menentukan jalan. Mau menjadi Andiana yang seperti apa? Mari minum kopi! Daaaaaaaagggg :*

Tinggalkan Balasan

