Mencari Jalan Keluar Terbaik Itu…

Sulit gak sih? Gatau. Tergantung amalan kayaknya😆

Ketika kita ‘merasa’ sudah melakukan semuanya sesuai kemampuan dan tinggal menunggu keajaiban dari Allah tetapi ternyata tak ada tanda-tanda perubahan meski kecil, saatnya bertanya ke diri sendiri. Sudah sekencang apa doanya? Sudah sepasrah apa menyerahkan semuanya pada Allah? Atau masih ada harapan bisa negosiasi, seperti, “Ya Allah, hamba ingin segera lulus kuliah dengan IPK yang bagus. Semester depan aja bisa?” Trus kamunya boro-boro belajar. Kerjanya hangout di mall atau main game online sepanjang hari. Bisa lulus dengan IPK kece? *tabok*

Eh ini juga teguran untuk diriku sendiri kok. Maksudnya, aku juga kadang manja dan malas untuk berusaha lebih. Sotoy kan? Kemudian baru deh tersadar, kenapa Allah gak memberi sedikit clue akan jawaban yang kubutuhkan? Biasanya, Allah justru menegurku dengan cara yang sungguh elegan. Menyelipkan sedikit rasa takut dan panik, agak emosi, dan ketiadaan materi (uang) di dompet. Asli, itu kadang terjadi. Seolah Allah hendak berkata gamblang padaku, “Kamu berani minta tapi gak mau usaha? Sini Kuambil sedikit saja nikmatKu.” Tapi asli deh sakit bener kalo digituin sama Allah. Pernah gak?

Saat ini, aku sedang berusaha melakukan ikhtiar berikutnya. Semoga Allah ridho dan memudahkan segala urusannya. Ketika aku sudah tak bisa lagi berpikir apa pun dan entah harus melakukan apa lagi, terkadang ada yang memberi saran. Jika menurutku masuk akal dan hatiku tenang, insya Allah kucoba. Tapi jika hatiku ragu, ya gak akan dicobain juga.

Jadi, sekarang mari tetap berjuang, berusaha, berdoa, dan memasrahkan segalanya kepada Allah.

Laa haula wa laa quwwata illa biLlaah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s