Kemudahan Setelah Kesulitan

QS. 94 : 5-6 (Al-Insyiraah)

Begitulah penggalan ayat ini kubaca hari ini berulang-ulang. Kemudian aku mendengarkan lagu dari Sami Yusuf “Make Me Strong”.

Meriang deh. Lebay deh. Tapi aku yakin dengan kedua ayat itu bahwa memang segala sesuatunya berdampingan, selaras, seimbang, dan saling melengkapi. Betul? Benar!🙂

Setiap orang punya masalah ya? Pasti. Yang merasa gak punya masalah, harus dipertanyakan kehidupannya. Maksudnya, masih bernyawa apa gak? *diganyang* j/k laaaahh…. Etapi kan benar ya, dinamika manusia hidup pasti punya masalah gitu lho. Bahkan hewan dan tumbuhan pun punya masalahnya sendiri.

Berulang kali aku terkena badai. Pernah nyaris tenggelam karena kapalnya hancur. Pernah nyaris dihabisi oleh bajak laut. Pernah terpaksa harus pakai sekoci dan kembali ke daratan. Pernah, berkali-kali, aku salah membaca arah mata angin dan memprediksikan buruknya cuaca sampai mabok laut dan muntah. Tapi yang pasti aku bertahan karena ada dua penumpang tangguh di dalamnya.🙂

Apa yang menyebabkan aku dan krucil bertahan hingga hari ini? Cinta Allah. Itu utama. Rahman dan rahiim dariNya membuatku tak pernah putus bersyukur. Kemudian, tentu saja tawa kedua krucil. Yang tak kalah penting adalah doa dari adik semata wayangku dan para sahabat yang tak henti🙂 Selalu kupintakan doa pada mereka bagi kedua calon mujahid yang super tangguh itu.

just remember

Jadi ya… Here I am. Bertahan. Karena sangat yakin, dalam setiap kesulitan yang kuhadapi, Allah sudah menyiapan kemudahannya… Sesederhana itu.🙂

Tinggalkan Balasan

