Penyakit Gondongan Pada Anak

Salman pertama kali terkena gondongan pada akhir bulan September 2012 dan ke DSA pada tanggal 1 Oktober 2012. Sekarang, 5 bulan sejak sakit yang pertama, dia terkena lagi.  Kenapa bisa dua kali ya? Dalam jarak waktu yang belum terlalu jauh juga.😦 Etapi inget juga waktu kecil, adikku pernah kena dan oleh Mama diolesin bulao (bubuk/batangan warna biru tuh!) dan minum antipiretik/ obat demam. Udah, gitu doang obatnya.

Apa sih gondongan yang bikin kita gondok? #eh😀 ehm, sebenarnya gondongan adalah sakit bengkak pada daerah sekitar bawah telinga sampai ke bawah rahang pada anak usia 2-12 tahun.  Menurut dr. H. Rachmat Kurdi, Sp.A  dari RSIA Hermina Jatinegara, gondongan adalah penyakit infeksi akut akibat virus mumps. Penyakit ini disebut juga parotitis  atau mumps . “Orang awam biasa menyebutnya gondongan,” lanjut Rachmat. Penyakit infeksi ini sering menyerang anak-anak, terutama usia dua tahun ke atas.

Virus ini menyerang beberapa lokasi. Ada yang menyerang kelenjar ludah di bawah lidah, ada juga yang menyerang kelenjar ludah di bawah rahang dan di bawah telinga (parotitis) . Masa inkubasinya sekitar 14 sampai 24 hari setelah kuman masuk. Biasanya, lanjut Rachmat, pada awalnya yang membengkak hanya sebelah, baru kemudian menjalar ke sebelah yang satunya. “Misalnya dari sebelah kiri dulu, baru kanan. Atau sebaliknya.” Bengkak ini timbul setelah infeksi virus berlangsung 2 atau 3 hari. “Jadi, biasanya mulai membengkak setelah 3 hari,” ujar Rachmat.

contoh anak bule gondongan. ternyata gak cuman di endonesyah *iya gue norak*😀

Gejala gondongan biasanya dimulai dari demam, pusing, mual, dan pegal-pegal di otot, terutama otot-otot di daerah leher. Gondongan termasuk self limiting disease  atau akan sembuh sendiri meski tidak diobati. “Karena itu, sebenarnya tidak ada obat untuk gondongan,” ujar Rachmat. Tetapi, gondongan bisa menjadi berat dan lama. “Tergantung kerusakan sel-sel di kelenjar ludah,” ujar Rachmat. Tetapi, pada umumnya sel-sel kelenjar ludah yang terkena virus tidak akan sampai hancur, dan hanya membengkak.

Biasanya sih orang jaman dulu atau orang awam menggunakan blau / bulao (bahasa Sunda) untuk menyembuhkan gondongan. Padahal obat untuk gondongan sendiri gak ada dan bisa sembuh dengan sendirinya. Justru yang diobati adalah penyakit ikutannya seperti influenza, radang tenggorokan, sakit kepala, atau bahkan sakit testis.

Aku sih ke DSA waktu pertama kali Salman sakit karena penasaran apa kata tenaga medis. Terbukti, dokter mengatakan bahwa gondongan bisa kempes sendiri. Tapi kemudian dikasih obat flu juga karena Salman batpil. Penyembuhan gondongan Salman tahun lalu itu membutuhkan waktu sekitar 10 hari dari gejala, inkubasi, karantina, hingga recovery. Iya, karantina. Aku gak ngebolehin Salman bermain dulu karena bisa menular dari air liur yang mungkin saja muncrat ketika sedang berbicara, bersin, dan air seninya. Juga gak tukeran alat makan dengan abangnya, Umar.

Masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari. Tanda dan gejala yang timbul setelah terinfeksi dan berkembangnya masa tunas dapat digambarkan seperti ini :

1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam (suhu badan 38.5 – 40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.

Ini ada beberapa cara menyembuhkan gondongan:

Untuk meredakan panas / demam yang disebabkan sakit gondongan berikan obat penurun panas atau demam yang sesuai dengan usia anak tersebut atau dengan rujukan dari dokter yang Anda percaya . Sedangkan untuk menyembuhkan bengkak yang disebabkan sakit gondongan berikut ini caranya :

Cara pertama : Siapkan beberapa ranting belimbing muda beserta daunnya kira-kira 7 ranting atau lebih . Siapkan 4 buah  bawang merah ukuran sedang . Campurkan kedua bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus lalu balurkan ramuan tersebut pada tempat yang sakit . Lakukan hal ini secara rutin sampai bengkaknya kempes dan sembuh .

Cara kedua : siapkan kapur biru atau orang biasanya menyebut dengan nama blawu, campur kapur biru tersebut dengan air secukupnya kemudian balurkan pada tempat yang bengkak / gondongan sampai merata. Lakukan sampai bengkaknya kempes dan sembuh. (Sumber alternatif pengobatan dari: SINI )

Kalau anak rewel ya wajarlah, namanya juga ngerasain badan lagi gak enak. Yeah, my body is not delicious. Hihihi…. (sempet-sempetnya ya ketawa? *tepok jidat*)

87 thoughts on “Penyakit Gondongan Pada Anak”

  1. permisi kebetulan adik saya lagi bengkak di bagian rahang sebelah kiri bawah telinga, tapi dia tidak mengalami demam dll, apa itu bisa disebut gendongan?

    Suka

    1. halo Edgar. terima kasih sudah mampir ke blog saya. maaf baru membalasnya.

      apakah kamu sudah membawa adikmu ke dokter? bagaimana bengkaknya? sudah membaik? dulu anak saya awalnya demam, trus gak demam, trus demam lagi. inkubasinya lumayan lama juga.

      untuk beberapa anak, ada yang tidak disertai demam, tergantung kondisi tubuhnya. cukup banyak minum air putih, istirahat, dan kalau lebih dari 7 hari, bawa ke dokter. apalagi kalau dia sulit menelan.

      salam sayang untuk adikmu, semoga lekas sembuh dan kembali bisa bermain ya🙂

      Suka

  2. Pagi mba andiana. Terima kasih atas informasinya. Anak saya, Edgar 2thn lg gondongan, sudah 3 minggu, bengkaknya sudah berangsur kempes. Waktu ke DSA dikasih Isprinol (obat anti virus), antibiotik dan Relafen (obat pengurang nyeri). Untungnya si anak skrg sdh aktif kembali, makan normal, tinggal bengkaknya saja, jd saya tidak terlalu khawatir.

    Suka

    1. Pagi, Bu Deborah. Senang sekali mengetahui Edgar sudah membaik. Ya, bengkaknya memang agak lama mengempis, tapi semoga tak mengganggu aktivitas si kecil. Salam kenal, terima kasih sudah berkunjung.🙂

      Suka

  3. bun, anak saya berumur 9 thn. bengkak di bawah telinga kanan dan mengeluh sakit di rahang,dan kubawa malam itu ke dokter umum,katanya tonsil membesar make rahang ikut bengkak di kasih amoxan dan proxion untuk turun panas kemudian siangnya saya pikir giginya yg problem,kubawa ke dokter gigi, dia gak yakin itu apa krn.giginya baik,trus disuruh ke dokter bedah mulut trus diperiksa dokter curiga kena virus cuma dikasih imboost dan obat yg.ada dihabiskan badanya masih panas,trus keesokan harinya ku bawa ke DSA diagnose anak kena gondongen dikasih anti virus demam nya turun, Anak saya hari berikutnya ikut saya seharian untuk test makanan untuk resepsi ultah dan dia makan banyak esuknya ikut saya kebeberapa tempat seharian, eh malamnya panas lagi saya bawa ke DSA ,krn panasnya dah beberapa hari kalau di hitung dari awal panas ,cek darah lengkap , hasil semua baik aja tapi ada sedikit mengarah ke typus meski masih negatif, trus anak agak susah makan sekarang dan masih panas, panasnya dari gondong atau yg.lain ya bun?

    Suka

    1. Pak Triyono, dari dokter umum ke dokter gigi ke DSA juga? kasihan anaknya😦

      panasnya karena kelelahan pergi ke beberapa tempat sekaligus di saat kondisi tubuh sedang drop.

      susah makan karena pasti rahangnya nyeri efek bengkaknya tuh.

      kalau masih panas, pakai paracetamol cukup atau minum air kelapa (penurun panas alami) aja pak🙂

      selama masih mau makan, inshaa Allah baik-baik saja. memang sih sekitar 2-3 minggu untuk benar-benar bisa lenyap bengkak dan demamnya. tergantung kondisi anak.

      perhatikan asupan makanannya jangan jajan sembarangan dan sebisa mungkin tidak main dengan teman2 lainnya, khawatir nanti tertular.

      semoga lekas sembuh dan terima kasih sudah mau mampir🙂

      Suka

  4. Bun… Anak saya baru usia 4bulan tapi sudah terkena gondongen di bawah kuping sebelah kiri, memarnya agak lumayan besar dan saat siang hari memarnya warnanya agak kemerahan dan kalau sudah menjelang malam hari warna kemerahan tersebut hilang, sudah saya periksakan kedokter anak tapi cuma dikasih pereda nyeri dan antibiotiknya. Selang 4hari obat sdh habis tapi memarnya agak membesar lagi, lagu saya coba kasih Blauw setiap saat. Karena kalo dioleskan blauw tersebut anak saya berhenti menangis. apakah gondangen tersebut apa bisa kempes berapa hari lagi…????????

    Suka

    1. Pak Arief,
      tak ada waktu yang pas berapa lama gondongan akan kempes, tergantung dari kondisi anak tersebut. karena masih terlalu kecil, ASI (Atau sufor jika tak meminum ASI) harus diperhatikan yah. karena itu satu-satunya asupan si kecil.

      mungkin karena nyeri tersebut yah. apalagi memang kondisi cuaca akhir-akhir ini tak menentu. saya tidak mengetahui apakah untuk bayi akan sama dengan balita / kanak-kanak sekitar 2-3 minggu untuk kempes.

      untuk menghindari demam (ini yang biasanya membuat rewel tak nyaman), perbanyak minum susunya ya🙂

      semoga lekas sembuh dan sun sayang untuk si kecil.

      terimakasih sudah mampir🙂

      Suka

  5. Bun, aku lagi ngalamin gondongan nih, baru aja kemarin hari Jumat bun. Aku kan cowo umur 17thn ya, aku udah tanya mama or papa aku pas kecil kata mereka semua imunisasi lengkap, termasuk yang untuk gondongan atau istilah lainnya mumps itu. jadi masih mungkin ya kena diumur segini? Kan sekarang udah senin ya bun, itung2 udah hari ke 3, demam aku udah berenti sih dari minggu malam kemarin pusing juga udah, tapi bengkak sama nyeri kalo ngunyah belom ilang.. itu kenapa ya? Jadi biar lebih jelas lagi ya, awalnya itu sakit dibawah telinga kanan, terus dikiri mulai ikutan but ga seberapa, nah tiba2 skrg pas demamnya ilang, yang kanan mulai mendingan, bisa ngunyah gitu, eh yang dikirinya malah bengkak bun sekarang, itu emang begitu kah? terus ini dibawah dagu / leher mulai bengkak lagi bun, apa itu mungkin bengkak di3tempat sekaligus tp gantian? kalo iya, kira2 ilangnya berapa lama ya bun? aku akhir2 ini cuma banyak makan bubur, minum teh, atau susu aja bun, gabisa makan yg keras. Tolong sarannya bun, makasihh🙂

    Suka

    1. iya, sabar ya🙂 emang prosesnya gitu. kamu masih 17 tahun. lah saya sudah lebih dari 30 tahun masih kena juga waktu ketularan anak saya.

      biasanya akan berpindah bengkaknya dari kanan ke kiri atau sebaliknya. tetap harus makan agar kondisinya gak drop ya. dan berapa lama hilangnya tergantung kondisi setiap orang yang kena. beda-beda. ada yang dua mingguan dan ada yang sampai sebulan.

      pokoknya banyak minum agar tidak dehidrasi dan jangan kontak dengan orang banyak dulu karena menular. meski tidak berbahaya, sebaiknya deteksi tubuh sendiri kalau mulai ada gejala selain demam, pilek, atau batuk.

      lekas sembuh yaa🙂

      Suka

      1. makasih bun pencerahannyaa, lumayan bisa ngasih saya sedikit informasi lebih jauh🙂 oiya bun, mau nanya lagi nih, bunda nyaranin saya pake obat tradisional kaya blawu yg dicampur entah pake cuka or kapur apa ngga? or anak bunda dipakein obat tradisional juga? soalnyaa mama saya maksa suruh pake gituan, sementara saya nya rada gamau gimana gitu bun😐 jadi saya harus gimana ya enaknya?

        Suka

        1. obat tradisional? saya sih gak memakaikan itu ke anak-anak waktu mereka terkena. hanya minum air putih dan dioles baby oil. selain karena gak nemu blauw (ini dulu waktu kecil saya pake loh), juga saya tipe gak mau ribet😛

          coba aja dipakai, tapi saat di rumah aja. mudah-mudahan membantu yaa🙂

          Suka

    2. saya (34thn) juga mengalami step-step yang sdra. chrisandy alami, bedanya pembengkakan dimulai dari bawah telinga sebelah kiri, panas hilang, lalu berpindah ke sebelah kanan, dan kemudian dilanjutkan pembengkakan di bawah dagu (sedikit di sebelah kanan), yang mau saya tanyakan pada sdra. chris, brp lama (mulai dari bengkak) pembengkakan di bawah dagu itu sembuh ya (apakah sudah sembuh)? mengingat saya baru saja 2hari mengalami bengkak di bawah dagu dan sangat mengganggu, terutama pada saat makan. (kalau awal gondongan lebih kurang seminggu yang lalu), sy berencana ke dokter sebelumnya untuk memeriksakannya, namun akan sangat membantu jika sdra.chris memberi informasi pengalamannya.
      terimakasih ibu andiana dan sdra.chris.

      Suka

      1. Pak Mikhael, saya pun pernah mengalami hal yang sama. pertama bengkak di sebelah kanan, selang sekitar 3-4 hari pindah ke kiri.

        Memang bengkaknya membuat mulut sulit dan tak nyaman mengunyah makanan. Ditambah pusing dan mual.

        Biasanya sekitar 2 mingguan untuk bisa kempes. untuk demamnya sendiri (mengikuti bengkaknya) sekitar 4-5 hari.

        Hindari kontak dengan orang lain karena gondongan menular melalui udara / air liur. CMIIW

        Silakan ke dokter bila memang demam dan bengkak disertai iritasi. Biasanya akan diresepkan antibiotik. Kalau mau antibiotik alami, minum perasan biang kunyit 3x sehari seukuran jempol setiap minum. Semoga bisa membantu🙂

        terima kasih sudah mampir Pak Mikhael🙂

        Suka

  6. Anak saya gondongan, sudah dua hari bengkak, tp tidak d sertai panas demam, makan pun seperti biasa, tidak ada keluhan,, apa bener gondongan atau hanya radang biasa?

    Suka

    1. bu Vida, mudah2an itu hanya radang biasa. tetap awasi jika si kecil mulai merasa nyeri. baru 2 hari ya? seminggu biasanya baru terasa nyeri dan demam. perbanyak minum air putih ya🙂

      terima kasih sudah mampir.

      Suka

  7. Trmksh ♏ßã’,, ini anak bungsu saya kena gondongan lagi utk ♈ƍ kedua kalinya,, lagi coba merawat sendiri di rmh, belum ke dokter. Waktu gondongan ♈ƍ pertama usia 6 thn (skrg 8 thn), durasinya sampai hampir 1 bln ke dokter sampai 3 dokter, ada ♈ƍ menyarankan utk di fine needle/diambil jaringannya utk diteliti. Untungnya saya nggak nurut, krn kasian masih kecil jaringannya hrs dirusak😦. Mohon doanya semoga gondongan kali ini cepat sembuhnya. Terimakasih dan Salam…

    Suka

    1. terima kasih sudah mampir mama Bimo🙂 iya, gondongan bukan penyakit “serius” yang harus membuat kita panik kok. tenang dan tetap waspada. karena kalau kita tenang, anak juga tenang dan semangat untuk sembuh.

      salam sayang untuk Bimo🙂

      Suka

      1. Bu Maya, kondisi anak berbeda. Si bungsu saya juga sekitar 3 minggu baru kempis tapi lehernya masih nyeri. Baru lewat 35 harian dia merasa benar2 enakan. Coba ke dokter, mungkin ada radang atau infeksi yang menyertai gondongannya. Semoga dugaan saya salah. Yang penting makan (yang halus, karena leher kaku bikin nyeri saat mengunyah) dan banyak minum. Semoga lekas sembuh ya🙂

        Suka

  8. anak saya juga sekarang lgi kena penyakit gondongan, tp sama dokter di kasih antibiotik, katanya biar ga menyebar ke bagian yg lain..saya bingung soalnya anak saya ga mau makan sama sekali

    Suka

    1. ibu Ati, bila diberikan antobiotik, mungkin karena ada indikasi penyakit lain yang mulai muncul (flu, batpil).
      iya jelas gak akan mau makan karena mengunyah pun akan terasa sakit. Coba berikan nasi lembik atau nasi tim. kalau masih terasa nyeri, nasi saring atau bubur. dicoba agar si kecil juga gak terlalu harus mengeluarkan tenaga ketika mengunyah.

      jangan berikan yang sulit dikunyah seperti ayam goreng. telur yang direbus menjadi pilihan saya ketika Salman dan Umar terkena gondongan. teksturnya lembut dan mereka bisa mengunyah perlahan. mungkin bisa coba juga dengan ati ayam dicincang. plus air minumnya yang banyak untuk mencegah dehidrasi🙂

      mudah2an si kecil lekas sembuh ya bu🙂
      terima kasih sudah mampir😉

      Suka

  9. Salam. Anak saya “SALMAN ALFARISI ” 17 bulan sudah 3 hr menderita karna gondongan, kepikiran terus melihat kondisinya yg tak berdaya… sm teteangga sudah di baluri daun dadap+kapur sirih (kt org dulu pakai ini) semoga bs mengurangi penderitaannya.

    Suka

  10. dear bun…anakku juga mengalami penyakit pembengkakan kalrnjar ludah dibawah telinganya udah besar dan udah hampir 3 minggu,udah berobat kebeberapa dokter dan diberi obat penurun panas dan penghilang nyeri serta salep oles unk pembengkakannya.tapi belum juga kempes dan memerah disekeliling pembengkakannya.saya sangat kwatir sekali tapi sewaktu periksa labor alhamdullilah tidak ada penyakit apa2 hanya hemoglobinya rendah 13 kata dokter yang wajarnya 17.beberapa teman menyarankan unk dilakukan penyedotan pada cairan dilehernya agar cepat kempes.menurut bunda amankah melakukan penyedotan cairan tersebut karena kata dokter menunggu cairan tersebur membentuk nanah.

    Suka

    1. dear ibu Eva,
      saran saya coba cari second opinion ke dokter lain deh ya apalagi jika hb hanya 13.dan coba cek darah lengkap jika disarankan demikian oleh dokter. semoga si kecil lekas sembuh ya🙂

      terima kasih sudah berkunjung😉

      Suka

  11. Pagi mbak…. mau nanya nie, saya ibu menyusui dan saya gondongan bengkaknya sudah jalan 3hari… anak saya 20bln, apakah anak saya bisa ketularan???

    Suka

    1. pagi bu🙂

      saya sarankan ibu terpisah dulu dari si kecil. apakah si kecil bisa menyusu dari sendok / dot (ASIP)? karena gondongan memang menular meski tidak berbahaya.

      tunggu sampai kempes, reda demam, dan itu sekitar 2-3 mingguan bu. tergantung kondisi badan ibu juga.

      mohon maaf bila ada kesalahan menjawab.

      terima kasih sudah berkunjung🙂

      Suka

  12. Hi bun,bc2 artikel ini agag tenang krn anakku kena gondongan berulang kali nie,awal bulan sept,trs sembuh,pas des bengkak lg,cuman yg ini agag lama ampe skrg bengkakny masi ada,ntar kempes,ntar bengkak lg,ud kr dsa berkali2,tp bengkaknya gag kempes2,anakny sie biasa aja makan,minum,maen normal,cuman yg bikin bingung ini ud mau 1,5 bln bengkakny bs berulang,bs kasi saran?soalny anakku cowo br mau 3 taon thx

    Suka

    1. Ibu Vero,
      Sebenarnya untuk gondongan ini kasusnya berbeda setiap orang. ada yang cepat sembuh/kempes dan ada yang lama. selama masih mau makan/minum, kekhawatiran agak berkurang. bila disertai demam, yang diobati itu demamnya. DSA mengatakan apa, Bu? kalau hanya diberikan penurun panas sementara anak tidak panas, ya jangan. kalau diberi antibiotik, tanyakan untuk apa? in shaa Allah segera sembuh ya🙂 gak papa kok🙂 anak saya juga berulang soalnya tapi setelah itu gak lagi😉

      terima kasih sudah berkunjung🙂

      Suka

      1. Justruny itu bun,anakny gag panas sm skali,dsa jg bingung krn anak sy dlm sebulanbs kena berkali2,kempes bengkak lg,di kasiny anti virus sm antibiotik cuman racikan…tkt knp2 aja soalny bengkakny kembang kempis…tkt kena yg laenny masalahny dia bengkak di tmp yg sm gag pindah2,memang ada y kasus spt anak sy?thx

        Suka

        1. sudah coba ke laboratorium? mohon maaf, saya belum pernah tau seperti yang dialami anak ibu Vero. coba minta rujukan ke lab untuk memastikan tak ada apa-apa🙂

          Suka

  13. Trims infonya,anak saya usia 11 tahun sekarang lg gondongan ,mengeluh pusing terus ,sdh sy ksih paracetamol dan vitamin obat dari dokter ,tp dia masih mengeluh pusing dan nyeri ,sy butuh informasi memangnya gondongan pusingnya sampai berapa hari ? Sy jadi was was takutnya kena penyakit lain,yg saya agak tenang panasnya sdh turun tinggal nyeri dan pusing ,terimakasih

    Suka

    1. Ibu Fitri, seperti sudah ada pada postingan, biasanya sekitar 2 minggu ya untuk menghilangkan nyeri dan demam plus pusingnya. ada yang 3-4 minggu, tergantung daya tahan tubuh.

      perbanyak air putih untuk menggantikan cairan yang hilang akibat demam, beri makanan yang lembut agar tidak nyeri saat mengunyah.

      pusing ya? ada anemia gak, bu?

      mudah2an lekas sembuh yaa🙂

      terima kasih sudah berkunjung🙂

      Suka

  14. mks informasi yang sangat berguna sekali, aqu sdh terkena gondongan seminggu lalu bengkak di leher sampai bawah pipi kanan belum kempis benar tapi sekarang sudah menjalar dari leher sanpai ke bawah telinga kiri sudah mulai membengkak dan kaku jika untuk membuka mulut, sudah berobat tapi hanya demam dan flu nya saja yang sembuh, bengkaknya tetap tidak ada pengaruhnya, jadi seharusnya bgimana ya ? mks

    Suka

    1. halo mbak Lina,

      bengkak akan kempes biasanya dalam waktu 2 mingguan, jadi gak langsung setelah demamnya sembuh🙂

      tetap minum air putih yang banyak ya sebagai pengganti cairan ketika demam🙂

      semoga lekas sembuh dan terima kasih telah berkunjung🙂

      Suka

  15. Makasih ya mbak berguna sekali infonya. Saat ini saya lg mengalami gejala yg mirip dari kemarin malam.. Rahang kiri bengkak walaupun gak terlalu jelas bengkaknya, demam, otot sakit & pusing.. Saya pikir salah urat krn salah tidur.. Tapi mungkin gondongan ya.. Kalau periksa ke dokter harus ambil darah nggak ya mbak?

    Suka

    1. halo mbak Niar. gak harus ambil darah kok. saya juga waktu kena hanya istirahat, banyak minum air putih, dan makan yang lembek (soalnya nyeri banget pas ngunyah).

      semoga lekas sembuh ya🙂

      terima kasih sudah mampir😉

      Suka

  16. pagi mba..mau ikutan nanya nih..
    ankku 7th, di bawah k2 telinganya bengkak kecil, gak gede seperti gambar..tp keluhan sama, nyeri dan skrg panas tinggi dan flu.apakah kira2 itu gondongan??ini udah hari k2, mau ke DSA lg pd libur secara tahun baruan hiks..makasi u/ sharing nya mba..

    Suka

    1. halo mbak Shinta, karena saya gak lihat jadi gak bisa menyimpulkan. tetapi agar si kecil gak rewel, berikan penurun panas aja. berikan juga makanan yang lembek karena pasti mengunyahnya nyeri dan gak nyaman tuh.

      kalau 3 hari masih gak turun panasnya, segera ke dokter ya. gak perlu ke DSA, ke dokter umum aja dulu.

      semoga membantu dan terima kasih sudah mampir😉

      Suka

  17. Anak saya “Najwa” 4 Th lagi terkena gondongeun, gara2nya sih tertular dari teman mainnya, hari ini memasuki hari ke dua, lumayan repot karena rewel, dan kasihan juga lihat nagis terus. Terimakasih atas infonya bun, sangat bermanfaat

    Suka

  18. Dear All
    Hari Ini Aku Baru kena Penyakit tuh gondongan, menular gara gara kakak kemarin juga terkena. kami punya kenalan seorang dokter, dan diberi resep sebagai berikut “Kalimentason (3x1sehari)”, “Cataflam paling kecil (3×1)”, “Ciprofloxacin (2×1)” beli di apotek banyak gan.
    dan alhamdulilah obat tersebut manjur.. semoga info saya bermanfaat bagi semuanya. terimakasih gan

    Suka

  19. adikku skrg lg kena gondongan , udah 2hr sama hari ini. aku baru di kabari org tua ku kalo adikku gondongan , lagi nyari2 obat yang tepat buat dia , tapi aku bingung , aku search di google juga ada obat tradisional gitu , apakah blao atau belimbing wuluh + daunnya + bwg merah yang di haluskan ampuh juga dalam penyembuhannya?
    trus , emanq biasanya butuh waktu berapa lama (rata-rata) sembuhnya?🙂 adikku usia 5th . apa cukup di kasih paracetamol aja bun?🙂

    Suka

    1. mbak Heny, gondongan emang gak ada obat pastinya. obat tradisional itu dicoba saja dioleskan agar kempes🙂

      sekitar 10 harian sampai benar-benar kempes. iya, dikasih paracetamol aja agar demamnya turun. kalau diikutin flu, beri obat flu🙂

      semoga lekas sembuh yaa🙂

      Suka

  20. Terima kasih infonya bun.. anakku usia 17 bln, dua hari yg lalu panas trus hari ini keluar bengkak di bwh telinga ternyata itu gondongan.. Setiap makan pasti nangis, karena nyeri kali ya? Aduuuhh kasian deh, perutnya laper tp nggak bs makan.. Mudah2an arjunoku cepet sembuh :*

    Suka

    1. Bunda, iya pastinya gak akan nyaman ketika mengunyah. bahkan sekedar minum pun bisa rewel. tapi gak papa, dikasih makanan yang lembut dulu ya agar gak terlalu harus menggerakkan rahang karena mengunyah.

      Cepat sembuh untuk Arjuno dan terima kasih sudah mampir🙂

      Suka

  21. anak saya (usia 4 tahun) 3 minggu yang lalu sakit gondong, dan terjadi pembangkakan di bawah rahang dan di bawah telinga, setelah 5 hari bengkak di bawah rahang sudah mengecil tetapi yg di bwh teling tidak mengecil..dan sekarang dia mengeluh nyeri kembali..apakah hal ini berbahaya? dan tindakan pengobatan apa yg perlu diberikan, mohon masukannya, tks

    Suka

    1. Ibu Ida,
      si kecil masih demam gak? biasanya sih memang agak lama ya untuk proses recovery / penyembuhan, tergantung daya tahan tubuh anak.
      gondongan sebenarnya tidak berbahaya, tetapi penyakit ikutannya yang harus diperhatikan. flu/batuk/pilek itu yang diobati.

      kalau Ibu masih ragu, bisa langsung ke DSA ya🙂

      terima kasih sudah berkunjung🙂

      Suka

  22. Bunda,, kebetulan saya jg lg kena gondongan nih. Ada kemungkinan nular ke Azka gak yah? Soalnya Azka masih 11bln,kasihan klo dy nanti tertular. Gimana caranya biar Azka gak tertular yah?
    Terima kasih

    Suka

    1. kemungkinan tertular tetap ada, bu. karena sewaktu Salman sembuh dari gondongan, ternyata malah menular ke saya, ibunya.

      tetap berikan makan dan minum seperti biasa saja. kalaupun nanti mulai demam, perbanyak minum air putih. gak perlu antibiotik kok🙂

      semoga Azka tetap sehat ya bunda🙂

      Suka

    1. Ibu Luwiyah, itu tinggi sekali ya? sudah minum antipiretik (penurun panas)? usianya berapa? bisa dibantu dengan air kelapa sebagai antipiretik alami lho🙂 perbanyak minum air putih atau makanan berkuah untuk mengganti cairan yang hilang (kencing, keringat, mungkin kadang muntah)🙂

      semoga lekas sembuh ya anaknya🙂

      terima kasih sudah mampir🙂

      Suka

    1. halo Dery, kalau kamu merasa gak nyaman, sebaiknya istirahat saja di rumah. Lagi pula, gondongan itu menular. Daripada nanti teman kamu kena, sebaiknya kamu mengkarantina diri ya? Kira-kira 3-4 hari. kalau ragu, coba ke dokter🙂

      terima kasih sudah berkunjung yaa🙂

      Suka

    1. mbak Tetty, mohon maaf saya bukan dokter. ini hanya share pengalaman saja. tidak usah dikhawatirkan. hanya saja memang menular. dan itu pun tak membutuhkan pengobatan kecuali sakit ikutannya seperti flu, misalnya. kalau demam akibat gondongan sih cukup dengan antipiretik aja. saya sarankan yang alami seperti air kelapa🙂

      semoga lekas sembuh yaaa🙂

      Suka

    1. waduh mas Cecep, pertama saya mau kasih tau bahwa saya perempuan😀
      kedua, saya kurang paham hal itu. tetapi pernah saya sekilas membaca bahwa gondongan bisa merembet membuat sakit bagian tubuh yang lain.
      pengobatannya? ke dokter aja kali ya, karena penyakit setelah gondongannya itu yang harus diperiksa lebih lanjut.

      terima kasih sudah berkunjung🙂

      Suka

  23. bunda, anakku kena gondongan setelah dibawa ke RS, katanya harus dirawat dan di ruang isolasi lagi, panasnya sampai 39 derajat sehingga harus dirawat . si ade pernah kejang kejang waktu umur 2 – 4 tahun, kini usianya 6 tahun, kemarin juga sempet kejang sebentar . kebetulan di RS penuh jadi dibawa pulang lagi, kalau melihat artikel diatas jadi memang ngga ada obatnya ya bun, yang diobati panas atau demamnya yah ?

    Suka

    1. yup bener banget ummi🙂 yang diobati adalah sakit yang menyertai gondongannya. jika demam ya beri saja penurun panas. waktu terjadi pada Salman juga begitu. dia hanya demam, jadi saya cukup kasih penurun panas, minum air putih yang banyak, dan makan yang berkuah untuk menggantikan cairan yang hilang. kalau kejang berulang begitu, karena suhu tubuh terlalu panas ya biasanya. sudah dicek lagi kemungkinan yang lainnya, ummi?

      semoga anak ummi sehat kembali yaaa🙂 barakallahumma🙂

      Suka

    1. Iyaaa sama-sama bunda Salma😉
      Semoga lekas sembuh ya🙂 iya memang menular tapi tak perlu khawatir. paling demam aja dan rewel sulit mengunyah. banyak minum dan makannya yang agak lembik dulu🙂

      terima kasih sudah mampir ^_^

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s