Mencoba Memahami Dalam Diam

Pagi ini aku sudah memutar lagu ini tujuh kali. Hanya untuk mengingatkan diriku sendiri dan dirimu, bahwa kamu pernah bertanya padaku satu hal yang tak akan pernah aku lupa, “Maukah kamu menungguku, An?”

Kemarin kita sama-sama lelah untuk berdebat dan berpikir. Hanya saja, ketenangan dirimu membuatku mampu mengendalikan emosi. Sepanjang jalan yang kulalui hampir… Mmmm… tiga atau empat kilometer… Iya, jalan kaki! Aku mencoba membuang semua emosi negatifku ke jalan. Aku mencoba menjernihkan pikiran dan mereka-reka apa yang sebenarnya terjadi.

Sambil berbaring karena lelah berpikir, aku mencoba mengingat apa saja untuk menemukan jawaban. Kemudian, Allah mendengar pintaku. Satu persatu kepingan itu kususun. Sepertinya aku mulai memahami yang sedang terjadi. Mungkin tidak 100% benar saat aku menulis ini, tetapi setidaknya berdasarkan pengalaman, 85% sudah kumengerti.

Coba ingat lagi, bukankah sejak awal bulan ini, kita berdua sama sibuknya. Pekerjaan yang overload membuat lelah lahir batin. Jenuh. Sumpek. Menjadikan kita lebih sensitif dan sulit berpikir jernih. Emosional. Maka, apa pun yang kita bicarakan terhadap orang lain membuat kita tampak aneh.

Akhirnya aku memaklumi. Kamu sedang sangat lelah. Kamu bingung dan merasa sangat rumit. Kamu kesulitan untuk mengeluarkan emosi negatifmu. Aku akan mencoba membantumu dengan diam. Aku akan membiarkanmu tenang. Masuklah sejenak ke gua pribadimu. Sudah baca buku “Men From Mars, Women From Venus”? Kamu akan mengerti bila membacanya. Tenanglah di guamu sampai lelahmu terurai. Aku menunggu. Aku tak akan jauh darimu.

menunggumu. aku berjanji akan selalu ada untukmu, bagaimana pun caranya.

Tinggalkan Balasan

