They Need Him… Badly

Pagi ini aku membuka Facebook dan menemukan foto ini dari akun seseorang. Tahu apa yang terjadi kemudian? Aku menangis. Untuk sebuah kesalahan yang kuperbuat hingga mencabut paksa sebuah kehadiran yang dibutuhkan Umar dan Salman. Aku tak bisa membendung genangan di mataku hingga mengalir deras hingga sesak dadaku.

Allah, aku tak pernah mengira sedemikian sakitnya melihat kekosongan dalam jiwa mereka… Khilafku ternyata sungguh melukai. Mengoyak kebutuhan utama mereka. Sosok yang seharusnya wajib ada untuk menjadi teladan bagi mereka. Aku meradang melihatnya. Meski sudah setengah tahun tak saling melihat, aku tak bisa memungkiri ikatan batin mereka bertiga. “Bun, aku boleh ketemu Bapak gak?” Apa hak aku melarang mereka? Tentu, pertemuan itu harus bersamaku. Dalam pengawasanku. Trauma itu belumlah bisa lenyap.

Aku memang berjanji mempertemukan mereka. Tapi aku belum menemukan waktu yang tepat. Sungguh, maafkan Bunda ya? Akan tiba saat kalian bisa bertemu Bapak meski hanya sebentar. Tidak sekarang. Tetapi Bunda tetap mengucap syukur bahwa tak ada lagi ucapan dengan ekspresi negatif itu dari kalian, Sayang. Sepenuhnya pulihkah? Entah. Bunda tak bisa menjangkau hati kalian.

Judul di atas tertulis “Him”, tetapi bukan bapak kandungnya yang kumaksud. Seseorang, dengan sosok seorang ayah, imam, dan pelindung sejati untuk mereka. Meski tak memiliki hubungan darah dengan mereka. Allah mengetahui, aku mengafirmasikan itu senantiasa. Setiap nafasku. Semua, akan mewujud sempurna pada waktu-Nya.

Sementara itu, ijinkan Bunda menjalani peran itu meski tak sempurna. Maafkan segala kelemahan dan keterbatasan Bunda. Tak akan pernah Bunda biarkan seorang pun menyakiti kalian meski seujung kuku. Kalian, harta termewah yang Bunda punya. Titipan terbaik dari Allah. Semampu Bunda, melindungi kalian hingga tak lagi jantung ini berdetak…

 

maafkan bunda….

Tinggalkan Balasan

