Berusaha Bahagia Demi Mereka

Kadang kamu memilih untuk terlihat bahagia,karena tak ingin menjelaskan kenapa kamu bersedih pada mereka yang bahkan tak berusaha untuk mau mengerti….

(Mang Ujang)

Kembali aku merenungi kalimat di atas. Lama sekali. Sampai bingung mau menulis apa untuk merespon tulisan ini. Beberapa hari lalu Mang Ujang chat denganku saat sahur dan bertanya mengapa aku masih terjaga. Aku disebut super woman olehnya. Waduh, super gimana? Jawabnya karena aku tak menyadari apa yang kukerjakan untuk orang-orang tercintaku hingga tak terasa lelah, maka demikianlah dia menyebutku. Ah😦

Tapi dari percakapan sahur itu aku merenungi sambil melihat Salman yang sedang terlelap dan Umar yang sedang sahur. Mendadak aku merinding. Selama enam tahun, aku berjuang demi mereka. Selama itu pula tak terhitung berapa kali aku menangis. Bukan karena aku manja. Tapi karena terlalu bersyukur diberi amanah sedemikian indah oleh Allah sampai tak sanggup lagi kuhitung nikmatnya.

Hingga terkadang aku ketakutan. Ya, seharusnya tidak demikian. Tapi tetap saja aku takut jika ternyata aku gagal mengemban amanah maha berat ini. Di hadapan mereka, sekuat tenaga aku untuk tidak terlihat cengeng dan rapuh. Nyatanya, aku sendiri butuh penopang.

Tapi, setiap pagi aku terbangun, selalu dengan harapan yang sama. Aku hanya ingin anak-anakku tersenyum bahagia, sehat, kuat, tumbuh dan kembang sebagai calon mujahid yang shalih… Tak ada yang lain.

Aku ingat di suatu subuh, antara sadar dan tidak, Umar menyelimutiku dan mencium pipiku kemudian dia ngeloyor. Seketika kesadaranku penuh tetapi masih pura-pura tertidur. Aku… Menangis. Allah, tak ada lagi yang kubutuhkan kecuali dua anak yang baik itu selalu ada dalam lindungan-Mu…

Terima kasih Mang Ujang yang sudah memberiku inspirasi siang ini.🙂

Ya aku bahagia! Meski mungkin orang lain tak mau mengerti ketika kesedihan itu menguasaiku…

kebahagiaan adalah milik mereka yang masih berharap meski pernah terluka,masih berusaha walau pernah kecewa

(Mang Ujang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s