Apa Yang Salah Denganku?

Sakit kepala ketika mendengar sebuah penilaian tentangku. Sakit hatiku tak seberapa dibanding rasa kecewa luar biasa karena ternyata aku tak dipahami dan dimengerti dengan baik selama ini… Kenapa?

Tidak cukup jelaskah tulisanku di sini yang sungguh-sungguh mengatakan ingin belajar tentang bahasa dan budaya Sunda, tempat asal akarku meski hanya 50%? Maksudnya apa ya jika ada pendapat yang mengatakan bahwa aku tidak cocok berada di sini? Sudah lihat dan ketemu berapa kali denganku?

Tidakkah terlihat usahaku untuk bisa masuk ke dalam budayaku sendiri? Aku tak minta diterima atau diakui. Hanya minta tolong dibantu. Itu coba ya yang ngerasa punya pendapat, lain kali diayak dulu sebelum bicara. Jelas sekarang, kamu belum mengenal aku dengan baik. Sangat disayangkan. Ketika ada penerimaan dari mereka, mengapa kamu yang meradang sih?

Lihat siapa yang menawarkan bantuan agar aku bisa belajar dengan baik, di saat aku sangat malu dan takut karena keterbatasanku? Kamu harusnya membantuku mengenal budaya dan bahasaku sendiri, bukan malah menghakimi aku tak pantas. Hm, Mamaku bisa bangkit dari kubur kalau begini caranya… *nyengir*

Aku lama tinggal di Jakarta (pinggirannya sih, Jakarta Coret = Depok) bukan berarti aku melupakan akarku ya? Memangnya kenapa tiba-tiba aku dicap tidak cocok? Karena bahasa Sundaku yang kasar? Karena pergaulanku yang cuek? Karena aku tidak aktif berbahasa Sunda di sana? Rasanya ada yang salah nih… Rasanya aku pernah ngasih tau kenapa bahasa Sundaku memakai yang loma. Itu juga mungkin yang menyebabkan aku tidak aktif. Euh, sebenarnya sih karena banyak hal. Terutama: aku harus bisa mempelajari karakter dan lingkungan tempat aku belajar toh?

Ini sih sama dengan menanyakan statusku ini pendukung JakMania atau Viking. Gitu, kan?

Banyak. Banyak sekali yang ingin aku beberkan di sini. Semuanya, kalau perlu. Nothing to lose for me. But i don’t wanna do it. Useless. But you’re pathetic. Sebelum mengemukakan pendapat, ada baiknya cari referensi. Kan aku sudah tulis semua di sini. I honor you. Kamu sahabatku. Ya tapi aku paham sih kalau kamu udah gak anggap aku sahabatmu lagi. Lidah emang gak bertulang.

Beda budaya. Seolah-olah kamu ingin mengatakan bahwa budaya Betawi itu kasar dan budaya Sunda itu halus. Begitu? Ngajak ribut ini namanya! Gaya bicaraku dan penampilan aku yang seperti ini bukan hasil dari budaya Betawi. Ingat, Jakarta itu multi culture! Jangan mengatakan tanpa riset deh! Lagian sepertinya kamu lupa bahwa 50% darah dan akarku adalah Madura. Jadi, sekali lagi kalau mau bicara tolong diayak dulu! Kalau mau mainan SARA, sini berdua aja. Gak usah bawa orang lain.

Aku sudah tak peduli pada setiap kata-katamu. Mau menjelekkan (karena tidak mengerti) aku sedemikian rupa, itu hakmu. Tetapi kamu tak bisa melarangku untuk tetap berada di sana, kecuali dikeluarkan. Paham?

Besides, memang ada yang mengganjal. But i won’t tell you because you know it all more than me. Just hardly wait to see the bomb blows. Ternyata kamu yang tak bisa membedakan mana aku sebagai penduduk Jakarta dan mana aku sebagai orang Sunda.

Sekarang, ketika aku nyaris total untuk mendapatkan identitas sebagai orang Sunda (oh agak lebay ya?), kamu malah bikin pernyataan yang menyudutkan. Tolong bicara padaku, tak pantas di mananya? Gini deh, kamu bilang aja bahwa aku gak pantas karena gak bisa berbahasa Sunda yang halus dan benar. Itu kan intinya? Trus karena terbiasa dengan pergaulan dan budaya Betawi, jadi aku gak pantas bergaul dengan lingkunganku sendiri. Bener kan kesimpulannya begitu? Jangan suka main belakang. Kecuali itu memang hobi kamu. Ya kapan mau majunya, adanya di belakang terus?

I dare you! Mind to meet me and telling me that all my words are wrong? Just come! You know where i am.

Period.

(wrote it down almost made me cry but not. just blank.)

Tinggalkan Balasan

