#Hubungan Dalam Pernikahan ~ Alissa Wahid

(Catatan: twitkusi ini kurangkum acak. jika ingin yang lengkap, scroll down timeline mbak Alissa aja ya?)

“Makin lama kenapa saya makin nggak nyambung sama istri saya ya? Kita kaya jalan sendiri2 cuma pulang ke rumah yg sama”#hubungan

“Sy nggak yakin ada #hubungan pasangan yg benar2 ideal. Teman2 sy curhat semua tuh ke saya.” kata jomblo sahabat saya.

“Suami saya kok nuntut banget ya? Saya sudah berusaha memberikan segalanya, tapi nggak puas terus..” #hubungan

“Dia makin sibuk dg karirnya. Makin lama keluarga makin ditinggalkan. Kita cuma dapat waktunya pas hari libur” kt teman#hubungan

Walaupun banyak yg anggap #hubungan dg pasangan sbg urusan sepele, tetap saja ini salah satu sumber bahagia & sengsara.

#Hubungan dg pasangan itu yang penting komunikasinya, kata byk orang. Sepakat. Nah kuncinya, apa yg dikomunikasikan?

Dr pengalaman konsultasi keluarga selama ini, ada bbrp faktor yg bpengaruh besar pd perkembangan #hubungan dg pasangan

Faktor penentu #hubungan dg pasangan itu: beda karakter & value, usia hubungan, beda kebutuhan; dan komunikasi.

Perspektif keakuan yg menguat, membuat kita lebih sadar akan hak personal dlm #hubungan: kita berhak hidup bahagia.

Kesadaran hak dalam #hubungan ini kadang muncul dlm sikap menuntut pasangan, biasanya berupa kata sakti “Seharusnya..” 🙂

“Seharusnya dia memahami saya””Seharusnya dia dukung karir saya'”Seharusnya dia ngerti sy kerja keras utk dia” #hubungan

Tahu nggak, kata “seharusnya” itu tanda kita justru masih tergantung kpd orang lain. Bukan hanya dlm #hubungan dg pasangan nih.

Soal beda karakter & value (prinsip hidup), kita semua paham dampaknya dlm #hubungan. Sayangnya, srg berpadu dg tuntutan

“Suami sy itu susah banget ngambil keputusan. Apa-apa saya. Harusnya sbg laki-laki kan nggak gitu.” #hubungan

Ini kisah teman sy. Krn sejarah hidupnya, kejujuran mjd prinsip tertinggi dlm hidupnya. Suaminya berprinsip harmonis. #hubungan

Bayangkan saat tjd konflik. Si suami menghindar krn ingin harmonis. Si istri ‘kenceng’ krn ingin kejujuran. #hubungan

Semakin ‘kenceng’ si istri krn berharap masalah selesai tuntas, makin cepat si suami ‘menyerah’ pd si istri. #hubungan

Stl bertahun2, meledaklah si suami. Dia merasa kebutuhannya tak terpenuhi. Istri “seharusnya kamu ngomong dong!” #hubungan

Situasi spt contoh tadi terjadi pd byk kasus yg sy tangani. Beda prinsip yg tak terjembatani dg baik, merusak #hubungan

Jadi beda karakter & prinsip hidup itu penting utk diselaraskan demi#hubungan yang lebih baik.

Faktor lain yang berpengaruh thd kualitas #hubungan adl usia pernikahan. Tiap periode membawa tantangan tersendiri.

AG Marshall bilang ada 6 tahap #hubungan dg masing2 tantangannya. Ini di luar fase kasmaran ya, nggak masuk hitungan 🙂
Usia 0-18bulan pernikahan disebut blending. Fase ini #hubunganterasa manis. Tiada yg lbh penting daripada berduaan. 🙂

di fase Blending, suami & istri ‘menyerahkan’ sebagian dirinya. Mis, yg tadinya suka metal, nemenin nonton JakJazz. #hubungan

Tantangan fase Blending adl suami & istri biasanya belum mjd dirinya yg sesungguhnya krn takut mengganggu #hubungan.

Th 2-3 pernikahan disebut fase Nesting (bersarang). Komitmen menguat dlm #hubungan, fokus di membangun hidup bersama.

Di fase Nesting, tantangan #hubungan adl kembalinya sifat & kebutuhan asli suami/istri. Faktor keluarga mulai muncul lagi.

Ketrampilan ‘bertengkar’ mjd tugas belajar #hubungan fase Nesting ini, spy bisa maju dg sukses ke tahap Self-Affirming.

th 3-4 pernikahan, masuk ke tahap Self-Affirming. Mulai merasa nyaman dg kebersamaannya, mulai balik ke Aku-nya. #hubungan

 Tantangan fase Self-Affirming adl balance antara kebutuhan bersama dg pribadi dlm #hubungan. Di sini pentingnya kematangan.
Kematangan adl kemampuan menyeimbangkan antara courage (keberanian) dan consideration (memahami kebutuhan org lain).#hubungan
Hubungan lose-win adalah bila kita tak berani sampaikan kebutuhan kita, terlalu mendahulukan pasangan. #hubungan
Sebaliknya, #hubungan win-lose bila kita terlalu sibuk & berani memperjuangkan kebutuhan kita, abai thd kebutuhan pasangan.
#Hubungan yg matang dibangun oleh orang2 yg matang: mampu menyampaikan kebut. pribadi, menyelaraskan dg kebut.pasangan
Memang susah ya kalau #hubungan dg pasangan sudah smp meledak atau diam2an. Apalagi kl lalu ada yg ‘mengisi dari luar’
Menyelamatkan #hubungan itu penting, karena tidak ada statusquo. dlm hubungan Statusquo itu sama dengan pelan2 hancur.

Kl rasanya sdh mentok, menyerah tampak spt jalan keluar yg manis. Pastikan kita tahu apa makna #hubungan yg kita lepaskan.

Gimana cara menyelamatkan #hubungan? Start all over. Tapi siapkan diri dulu. Belajar ttg apa hal2 yg berpengaruh.
Balik ke fase #hubungan. 0-18 bulan blending, th.2-3 fase nesting, th.3-4 fase Self-Affirming. Ini modal utk fase stl.nya
Th. 4-14 pernikahan, fase Collaborating. Krn sdh ada balance kebutuhan personal dg #hubungan, pasangan mudah berkolaborasi.
Di fase Collaborating, pasangan bertemu dg isu2 #hubungan yg lebih besar misalnya pindah kota, membesarkan anak, dll.
Tantangan fase Collaborating adl sikap dapat diandalkan & dipercaya. Sikap2 insecure dan tdk matang merusak #hubungan.
Tantangan lain fase Collaborating dlm #hubungan adl merasa sudah paham pasangan, lalu jadi meremehkan atau jd ‘dukun’
Fase Adapting berikutnya, di th.15-25 #hubungan pernikahan. Saking kenalnya satu sama lain, jadi total nerimo pasangan
di fase Adapting, suami/istri sdh melepas harapan pasangannya akan berubah. ‘Ya mau bgmn lagi, dia memang begitu” #hubungan
Sikap spt Itu bagus, asal menerimanya tanpa beban. Utk byk orang, menerima pasangan apa adanya itu pake ngomel 😦 #hubungan
“Ya mau gmn lagi, istri sy memang suka banget liburan. Pdhal kan mahal. Seharusnya bisa utk beli rumah” #hubungan
Fase yg terakhir nih, dr th.25 smp kematian memisahkan kita (insya Allah) adalah fase Renewing. #hubungan
Di fase Renewing inilah kita lihat pasangan sepuh yg menyatu. Romantis dg cara mrk sdr, bukan yg loveydovey lg. #hubungan
Dg tantangan masing2 fase, dibutuhkan juga ketrampilan yang berbeda utk membangun #hubungan yang memperkaya pasangan.
Di fase Blending, kita perlu belajar percaya pd pasangan &#hubungan itu sdr, tdk ketakutan kehilangan dia shg jd posesif.
Di fase Nesting, perlu ketrampilan bertengkar. Konflik akan selalu ada, penting utk tahu bgmn ‘bertengkar dg baik’ #hubungan
Fase ke3 perlu sikap Kompromis, tdk menang sendiri. Di sini godaan utk bilang “selama ini aku sdh ngalah terus’ #hubungan
Di fase Collaborating, pasangan perlu kita bisa diandalkan, dipercaya. Kita juga perlu bermurah hati pd pasangan. #hubungan
Di fase Adapting, kita perlu byk2 mendengarkan pasangan. Ini fase paling rentan situasi “sy msh cinta tapiii…’ #hubungan
Dan kalau melihat orgtua2 kita, tentu kita tahu yg dibutuhkan di fase Renewing adl k-e-s-a-b-a-r-a-n hehehe. #hubungan
“Kok kayaknya sy nggak sesuai dg fase2 #hubungan itu mbak?” ini kan trend umum sj. Mgk Anda beda dan it’s OK.
Jadi kita sdh bahas faktor beda karkter, beda prinsip hidup, pengaruh usia pernikahan dlm #hubungan dengan pasangan.
Faktor #hubungan lainnya adl beda kebutuhan lelaki-perempuan. Ini yg paling byk menimbulkan konslet pd pasangan.
Perempuan perlu cinta dlm bentuk disayangi. Lelaki perlu cinta dlm bentuk dihargai & dihormati. #hubungan
Konyolnya, byk lelaki tdk mengerti bahwa istrinya perlu their acts of love. Selalu. Nggak kudu menye2, kok. #hubungan
Konyolnya, istri byk yg tak paham bhw buat suami, wujud cinta adl dihargai-dihormati, baik diri maupun keputusan. #hubungan
Contoh ekstrim: “Kamu kan laki2. Seharusnya kamu bisa dong bilang sm Mama kamu utk tidak ngatur kamu lagi” #hubungan

 

Cth: “Sy kan sdh milih nikah sm kamu, kerja keras utk kamu & anak2; knp kamu bilang kebutuhanmu tdk terpenuhi?” #hubungan

 Sayang banget ya, hanya krn tdk paham, banyak #hubungan rusak. Ayo
belajar memberi yg tepat, bukan menuntut saja.
Buat suami, penting banget utk merasa dipercaya pilihan & keputusannya oleh istri. Salah2 dikit, abaikanlah demi #hubungan.
Umumnya nih: makin dihargai, suami akan makin bertanggungjawab; makin dipojokkan, makin lari. #hubungan
buat para suami: Istri perlu banget ditunjukkan bahwa she belongs to you, you belong to her. Bentuknya macam2. #hubungan
Nafkah memang penting utk istri. Banget. Tapi banyak uang kering rasa akan membuat istri kering juga. #hubungan
Jangan2 sering minta liburan itu ya hanya krn pas liburan, si istri merasa suaminya fokus pada keluarga. #hubungan
Jd cobalah utk sering bilang sayang, memuji, memberi waktu, memberi undivided attention kpd istri. Murah meriah #hubungan
Cara menghargai suami? Jgn menyepelekan pendapatnya, puji di saat2 tepat, hindari memojokkan. #hubungan
Oya, istri yg selalu membesarkan hati suaminya, akan mendapatkan suami yg makin lama makin oke. #hubungan
Kenapa begitu? Krn istri adl sumber kekuatan buat lelaki utk berprestasi. Beneran. Ini hasil survey thd 400 lelaki. #hubungan
Fokus pd poin pikiran, bukan personaliti suami. Hindari “ah kamu emang bla3x” RT @movanet: Kalau lg discuss gmn? #hubungan
contoh pujian RT @citrawendycindy: yaang..,tolong bikinin cah brokoli daging asap dong..aku paling suka masakanmu itu enak..#hubungan
contoh perhatian RT @citrawendycindy: neng, hr ini jd mau ke salon? Aku ajak cindy naik kuda yaa,udah itu jemput km..ok cantik 😉#hubungan
Perempuan yg mengatur, atau perempuan yg memberi kekuatan 🙂 RT @tinutz: Behind the great man is the great woman 🙂 #hubungan
Contoh membesarkan hati suami? “Nggakpapa Yah, kita dulu kan pernah lbh sengsara. Dulu bs kamu selesaikan, skr jg pasti bisa”

Soal love & respect ini sebetulnya hal sederhana. Easy to do, easy not to do. Akibatnya yg nggak easy. #hubungan

 Nah kalau sdh paham semua faktor yg bs mempengaruhi #hubungandg pasangan, barulah komunikasi itu bisa mjd alat yg tepat.

Soal komunikasi, prinsip dasarnya sama deh dg komunikasi dlm bidang apapun. Bedanya cuma di muatan emosi saja. #hubungan

 Pakai paradigma kematangan spt yg semalam kita bahas saja, agar komunikasinya jadi menguatkan bukan menghancurkan #hubungan
Kita perlu mampu & berani sampaikan apa yg kita mau, diselaraskan dg kebutuhan pasangan. Courage + Consideration. #hubungan
Jadiiih, kesimpulannya adalaaaaah…. ayo membangun #hubunganyang sehat sebab ia tdk datang dg sendirinya.
Dlm pernikahan, jgn sibuk melulu dg apa yg tik ia berikan pada kita. Fokuslah pd apa yg perlu kita berikan padanya. (Nancy Dornan)
…sebab #hubungan orangtua yang sehat adalah hadiah terbesar terbaik untuk seorang anak…
Bagaimana bila #hubungan orangtua ambyar? Pengaruhnya pd anak? Itu sebenernya utang topik selanjutnya tp nggak bs janji kapan. Hiks.
++++++
sekian dulu. nanti disambung lagi.
salam.
(maaf ya kalau berantakan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s