#UtangMacet ~ Ahmad Gozali

Bagaimana caranya supaya hutang bisa lbh cepat lunas? | Dibayar lbh cepat…!

Prinsip: Apapun yg terjadi, usaha bangkrut, PHK, ditipu, dll… utang ttp utang, harus dibayar! #UtangMacet

Klo ada masalah gabisa bayar utang, JANGAN putus kontak dgn pemberi utang. Itu pantangan paling utama. #UtangMacet

Kasi penjelasan kondisi skrg knp gabisa bayar. Dan minta kebijakan tuk tdk bayar cicilan sementara ato perpanjang masa cicilan. #UtangMacet

Gak semua utang bisa dijadwal ulang ato ditunda cicilannya, terutama utang ke bank/multifinance yg cenderung ‘kaku’. #UtangMacet

Bank/finance baru akan menetapkan utang kita dlm masalah klo sdh macet cicilan 3 bln. Pintu negosiasi biasanya mulai dibuka. #UtangMacet

Wajar, itu sudah haknya. “@Yesaya_MA: @ahmadgozali gmn dengan kreditor yg tidak mau tahu kondisi kita? #utangmacet”

Tiap jenis utang penyelesaiannya beda2 trgantung skema & krediturnya. Tapi umumnya, ada bbrp tips yg bisa dijalankan klo punya #UtangMacet

Rombak cashflow. Demi kelancaran cicilan, rombak cashflow: bayar utang lbh dulu, baru deh sisanya buat keperluan pribadi. #UtangMacet

Over kredit KPR. KPR yg sdh jalan, bisa dibuat akad ulang. Jika nilai rumah naik > sisa utang, kita bisa dpt cashback. #UtangMacet

Jual Aset. Berat sih, tapi harga diri sebagai orang yg bertanggungjawab jauh lebih bernilai dari aset yang terpaksa kita jual. #UtangMacet

Gali Lobang Tutup Lobang. Boleh dilakukan dgn syarat: utang baru lbh murah / lbh fleksibel / lbh kecil cicilannya. #UtangMacet

Lepas Agunan. Untuk utang berupa gadai emas, cukup dgn beri “surat kuasa” pada pihak bank tuk menjual emas tuk tutupi utang. #UtangMacet

Transfer Balance. Alihkan ke CC yg sdg promo transfer balance dgn bunga sgt rendah. Syaratnya: JANGAN pernah dipakai sblm lunas! #UtangMacet

Tips terakhir & paling penting. Perbanyak istighfar & doa! #UtangMacet itu masalah kecil jika dihadapkan pada yg Maha Besar.

Hampir lupa, BACA kembali kontrak/akad pembiayaannya ya jika terjadi #UtangMacet agar kita tahu hak & kewajiban serta segala konsekuensinya.

~sekian~

disarikan dari kultwit @ahmadgozali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s