Bumi Buku Sunda Nyai Endit

Reaksi pertamaku: teriak sekencengnya! (untung sepi, gak ada yang kaget! ๐Ÿ˜€ )

Waktu aku membongkar album foto facebook Nyai Endit-salah seorang penyiar di Radio Baraya Sunda-, asli terpana begitu melihat barisan buku yang dipamerkan. Meradang. Salah besar deh memperlihatkan album buku itu padaku. *nangis*
Pertama: aku ini kutu buku. jelas aja nangis.
Kedua: bukunya dalam bahasa sunda, ya aku makin nangis.


Itu, buku pertama yang membuatku nyesek lebay. Hwah, buku bagus selalu mahal. Yeah, the price can’t lie…. *sigh*

Ini buku-buku yang lainnya:

Rasanya berdarah-darah perasaanku ini. Mau banget punya bukunya. Jadi ingat, bulan Desember 2011 lalu sebenarnya aku ke pameran budaya Sunda di Jl. Naripan dan menemukan banyak buku bagus. Tapi ya… Kondisi kantong memang bikin sakit hati…

Jadi rada nyesel baru berteman di facebook dengan Nyai Endit sekarang… Coba kalau dari dulu, sudah ketemuan dan beli banyak buku darinya dan… Sudah bisa belajar bahasa Sunda (lagi) kan? Ya gak sih? *nyari pembenaran dan pembelaan*

Tapi sutralah. Lebih baik terlambat daripada gak belajar sama sekali. Bukankah aku memang sudah ingin mempersiapkan diri menjadi bagian dari generasi penerus kebudayaan Sunda? #tsaaaahh *dikepruk*

Bersama Godi Suwarna

Ini Nyai Endit bersama Godi Suwarna, salah satu budayawan Sunda terkenal.

Baiklah, sampai aku menulis ini, jelas masih bingung mau ngapain. Beli buku-buku itu? MAUNYA SIH!! #gaksante Tapi percuma kan beli kalau tidak mengerti artinya? Jadi, sudah ketebak kan buku apa yang pertama kali harus aku punya? *nangis lagi* *inget harganya*

Euh, nama asli Nyai tuh siapa ya? Sofy? Seperti yang ada di album Buku? *salaman* *nyengir* *tutup muka* Tapi sudah terbiasa membaca namanya Nyai Endit di facebook dan twitter ๐Ÿ˜› *sungkem*

Aku pasti beli buku-bukunya (dan memang harus) tapi entah kapan… *tunggu mental siap dulu…eh bukan, isi dompet* hihihihi….

Baguslah, ini #kode selanjutnya dari Allah. Bismillah. Siap berjuang belajar lagi dari nol. *Illahi Rabb, bantu hamba*

Ganbatte ne!! ๐Ÿ˜‰

Iklan

8 pemikiran pada “Bumi Buku Sunda Nyai Endit”

  1. Wilujeng enjing,
    Hatur nuhun ka Nyai Endit nu tos ngajelaskeun sinopsis “Panganten”. Aduh, geuning matih pisan eta kecap “hayang kawin” teh. Janten emut lagu sunda, Hayang Kawin tea abdi mah…hehehe
    Nyai Endit, kunaon nya akun twitter na digembok, janten sesah yeuh abdi follow Nyai. Hoyong pisan ngobrol di TL.
    Mba An, seneng nih dg tulisan2 bertema kesundaan-nya. Saya seakan diingatkan kembali akan akar budaya saya yg nampaknya sudah demikian tercerabut ntah kemana…
    Untuk kedua wanita yg saya hormati, Nyai Endit dan Mba An, terus berkreasi. Anda berdua masih muda, masih terbentang jalan yg panjang. Jalan menuju kebahagiaan dan kejayaan budaya sunda…
    Cag…

    Suka

  2. Hehehehe … hatur nuhun, catatan yang enak dibaca. Gaya anak muda banget. Mau membaca fiksimini basa Sunda dengan gratis ga? Ntar kalo dah jadi buku, mahal tuh! Hihihihi. Nyesel dan mewek lagi, Nyai ga tanggung jawab ya ….

    Kalo mau baca fiksimini basa Sunda, maen deh ke sini: http://www.facebook.com/groups/fikminsunda/

    atau kalo pengen mencari penulis Sunda kesukaanmu, bisa juga dilihat disini:http: //fikminsunda.com/

    atau juga mau baca tulisan Nyai? dengan senang hati, Nyai persilahkan, ini alamatnya, say : http://fiksiminisunda.blogspot.com

    Ngomong-ngomong … yang punya catatan ini pintar sekali menulis, wartawan juga rupanya si cantik ini …

    Suka

    1. aiaaaaaa, asiiiikkk… dikomennya pake bahasa Indonesia…. *girang* *lega*

      mau banget bacanya. seneng dikasih kesempatan gratisan dulu ๐Ÿ™‚

      eh, saya mah wartawan gagal. gak bisa dikategorikan pintar menulis ๐Ÿ˜‰

      *sungkem*

      mohon bimbingan Nyai ๐Ÿ™‚

      Suka

  3. Aduh, ternyata banyak buku basa sunda yg saya tak ketahui. Kemana ajah sayah yg ngaku sunda ini… *ceurik*
    Dan itu mba, buku “Panganten” tentang apa sih isinya? Ini #superkode ya mba…hihihi
    Salam wae ah ka Nyai Endit, siapapun sebenarnya anda, salut dg kecintaannya sama nyi sunda. Juga Kang Godi Suwarna, sastrawan sunda nu kahot. Eh, juga mba An, hayo enggalan diajar deui basa sunda, pan bade netep di Bandung sanes?
    Cag…

    Suka

    1. Kang Titik Asa, Perkawis buku Panganten kirang langkung sinopsisna sapertos kieu:

      Dina ieu roman urang tepung jeung Rinrin minangka tokoh utamana. Kabogohna, anu ngaranna Iyang alias Gumilang, maot nelasan maneh sanggeus nyebutkeun hayang kawin teuing kasaha.

      Leungiteun ku Iyang, terus layeut jeung Ben, baturna Iyang keneh tapi teu lana.

      Terus dalit jeung Suminar anu pada-pada resep ngalangeu bari nyingkur, sok ngaroko jeung nguyup arak.

      Layeut pisan, dalah terus jadi lesbian.
      Tapi Suminar ge maot deuih sanggeus nyebutkeun hayang kawin.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s